4 Dampak Buruk Mengunyah Permen Karet

Ilustrasi permen karet.
Sumber :
  • Pixabay/giesje

VIVA – Menurut penelitian, mengunyah permen karet dinilai bisa meningkatkan mood, menjaga tetap  siaga, serta melawan stres. Di samping manfaatnya yang sudah terbukti tersebut, ada bukti lain yang menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bisa menyebabkan sederet masalah kesehatan yang lebih menyakitkan dibanding stres sementara dan perubahan suasana hati. 

Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Buat Orang Berhenti Merokok?

Untuk itu, ketahui dampak buruk mengunyah permen karet sebelum mulai kecanduan seperti dilansir Times of India:

Masalah rahang

7 Penemuan Menarik Ini Ternyata Diciptakan dari Kesalahan, Apa Saja?

Mereka yang menderita Temporomandibular Joint Dysfunction (TMJ) harus menghindari mengunyah permen karet, karena bisa menyebabkan masalah berat. Juga, dalam kondisi normal, mengunyah permen karet secara berlebihan memperburuk tulang rawan dan sambungan di sekitarnya yang mengarah pada keausan ekstrem dan sobekan di dalam mulut. 

Pemanis buatan

Hati-hati Ada Permen Karet Ganja

Label sugar-free yang biasanya tertera pada kemasan permen karet, pada kenyataannya justru banyak yang menggunakan pemanis buatan yang tidak baik bagi tubuh. Sebagai contoh, banyak permen menggunakan Aspartame yang dikaitkan dengan tumor otak, kanker dan cacat lahir. 

Penyebab sakit kepala

Menurut para ahli, ada delapan otot berbeda di wajah yang terlibat saat mengunyah, yang seringkali menyebabkan sakit kepala ketika berlebihan mengunyah.

Bahan buatan

Membatasi konsumsi permen karet tidak lantas berarti aman. Menurut para ahli, saat mengunyah permen karet, bahan-bahan bersama dengan air liur masuk ke aliran darah lebih cepat dan dalam konsentrasi tinggi dibanding bahan makanan lain dan memicu masalah saluran cerna dan usus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya