Makan Kepiting Menyehatkan, Ini 5 Manfaatnya

Kepiting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kepiting merupakan salah satu jenis hidangan laut yang populer di kalangan pencinta seafood. Hal ini lantaran rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut membuat olahan makanan ini menjadi incaran.

Gelap Mata, Pencari Kepiting Bunuh Temannya Gara-gara Rebutan Wilayah

Tidak heran jika kita sering menemukan hidangan ini dengan mudah di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Tidak hanya memiliki rasa yang menggugah selera saja, ternyata kepiting memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Sebut saja, selenium, omega-3, protein dan vitamin B-nya pun sangat bagus untuk orang yang ingin melakukan program diet.

Bukan hanya itu saja, kepiting juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan yang belum banyak diketahui. Berikut ini lima manfaat kesehatan dari kepiting dilansir dari organicfacts.net, Minggu, 23 September 2018.

Beri Asistensi ke UMKM, Bea Cukai Kendari Antar Ekspor Perdana Kepiting Hidup ke Singapura

1. Menyehatkan tulang

Sama seperti kalsium, fosfor merupakan salah satu mineral yang dapat ditemukan dalam tubuh manusia dan menjadi elemen paling penting untuk gigi dan tulang. Hampir seluruh daging kepiting tinggi akan fosfor, sehingga menjadi makanan yang penting untuk orang yang masih dalam proses pertumbuhan tulang.

10 Kuliner Lokal Khas Thailand yang Harus Dicoba Sebelum Pulang ke Indonesia

Untuk orang yang memiliki risiko osteoporosis atau usia lanjut namun ingin tetap aktif beraktivitas di masa depan, memakan makanan yang tinggi fosfor seperti kepiting sangatlah penting.

2. Melindungi sistem syaraf

Dengan beragam nutrisi, termasuk tembaga, vitamin B2, selenium dan asam lemak omega-3, kepiting adalah makanan yang luar biasa untuk aktivitas sistem saraf Anda. Selain itu, kandungan dalam kepiting juga berfungsi mengurangi peradangan dan plak di jalur saraf. Meski begitu, konsumsinya pun cukup setiap minggu sekali atau setiap bulan sekali.

3. Melindungi jantung

Daging kepiting diketahui tinggi akan asam lemak omega-3 dan banyak yang masih berasumsi bahwa semua lemak itu buruk bagi kesehatan. Namun, omega-3 adalah lemak yang bagus untuk kesehatan karena dapat menyeimbangkan kadar kolesterol dan mencegah peradangan.

Tak hanya itu saja, kandungan omega-3 ini juga dapat mengurangi tekanan darah, menurunkan tekanan pada jantung, dan mencegah perkembangan dari atherosclerosis, penyakit di mana terbentuknya plak di dinding arteri jantung. Hal tersebut tentunya menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

4. Mengurangi peradangan

Ada banyak mineral dan nutrisi yang dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk asam lemak omega-3, tembaga, dan selenium, yang dapat Anda ditemukan dalam daging kepiting. Jika Anda menderita radang sendi, asam urat, masalah peradangan, usus buntu, mengonsumsi daging kepiting bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

5. Meningkatkan imunitas

Daging kepiting diketahui memiliki kandungan selenium. Selenium secara langsung dapat menstimulasi aktivitas sistem imun dan bertindak sebagai antioksidan sehingga melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis.

Antioksidan dapat menetralisir radikal bebas yang menyebabkan mutasi sel. Selenium yang ada di daging kepiting juga berguna dalam meningkatkan produksi antioksidan di dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya