10 Kuliner Lokal Khas Thailand yang Harus Dicoba Sebelum Pulang ke Indonesia

Traveloka Travel Fair 3 Agustus - 3 September 2023
Sumber :
  • Traveloka

VIVA – Alasan banyak wisatawan selalu kembali ke Thailand adalah karena kulinernya yang sangat murah serta lezat. Street Food di negeri Gajah Putih ini juga semakin populer semenjak banyak food vlogger yang ramai membuat konten mukbang dengan makanan khas Thailand. 

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Nah, jika Anda hendak berburu kuliner di Thailand, cobalah mengunjungi Bangkok yang menawarkan akses ke berbagai makanan lezat menggoyang lidah. Bangkok adalah paket komplit dimana ada ribuan penjual street food dan restoran murah meriah yang mudah ditemukan. Hotel di Bangkok pun sangat terjangkau dengan harga yang tak jauh beda dengan penginapan di Indonesia.  

10 Kuliner Lokal Khas Thailand yang ada di Bangkok

Bernuansa Suasana Pegunungan, Lifestyle Bistro Teras by Plataran Hadir di Summarecon Bogor

Anda bingung mau mencari dimana kuliner lokal khas Thailand berada di Bangkok? Tak perlu bingung, berikut ini adalah rekomendasi makanan khas Thailand yang bisa Anda coba. Seperti apa bentuk penyajian dan citarasa masakannya? Mari simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Perut Babi Krispi

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Perut babi krispi atau Moo Grob adalah salah satu makanan khas Thailand yang banyak digemari. Cara makannya bisa dengan menjadikan Perut Babi Krispi sebagai lauk atau cukup memakannya dengan saus sambal. 

Mencari menu ini? Coba datang ke Kway Chap Mr. Joe yan ada di Bang Kho Laem, Bangkok. 

2. Kari Kepiting

Kari Kepiting merupakan makanan berkuah yang berisi kepiting, udang segar rebus dan brokoli segar. Saat dimakan menu ini akan terasa lumayan pedas tetapi juga manis. 

Nah, jika tertarik dengan Kari Kepiting Anda bisa mencobanya di rumah makan Somboon Seafood yang berlokasi di Wangmai, Bangkok. 

3. Mie Bebek

Semangkuk Mie Bebek yang lezat mungkin akan membantu menghangatkan tubuh di malam yang dingin. Ini adalah makanan tradisional yang disajikan dengan kuah kaldu kaya rasa dan daging bebek tanpa tulang yang sangat empuk. 

Mie Bebek bisa Anda temukan di rumah makan Ducki Suki yang berlokasi di Srinagarindra Road, Bangkok. 

4. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice adalah salah satu makanan khas Thailand yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Sajian buah tropis mangga dengan ketan kenyal dan puding dapat menyegarkan hari-hari Anda. 

Lokasi beli Mango Sticky Rice yang recomended di Bangkok adalah di Mango Tango. Gerainya ada di Pathum Wan, Bangkok. 

5. Nasi Ayam

Nasi Ayam khas Thailand tampil dengan sajian nasi gurih, timun dan berbagai potongan ayam rebus. Nasi bisa disiram saus celup untuk menambahkan sensasi pedas. 

Masakan Nasi Ayam dengan rasa terbaik bisa Anda nikmati di Go Ang Pratunam yang pernah mendapatkan penghargaan dari Michelin. 

6. Omelette Kepiting

Omelet kepiting dapat Anda temui dengan mudah di kedai kaki lima Jay Fai. Ini adalah warung makan yang mendapatkan bintang Michelin sehingga kualitas rasanya sudah tidak diragukan lagi. 

Sepiring Omelet kepiting dijual dengan harga 23 USD. Memang mahal, tetapi sangat sesuai dengan rasanya yang sangat menggoyang lidah.  

7. Mie Wonton

Mie Wonton sebenarnya berasal dari Hong Kong. Akan tetapi, Mie ini populer di Thailand dengan sedikit modifikasi agar sesuai dengan lidah masyarakat Thai. Mie Wonton disajikan dengan mie kuning yang disiram dengan daging, sayuran dan kuah bening panas. Biasanya, mie ini juga ditambah suwiran daging. 

Anda bisa mendapatkan Mie Wonton yang nikmat ini di restoran Gokfayuen. Lokasi tepatnya ada di Khet Watthana, Thailand. 

8. Kaki Babi Rebus

Masyarakat Thailand menyebut Kaki Babi Rebus sebagai Khao Kha Moo. Sajiannya terdiri dari kaki babi rebus yang disiram lemak berbumbu. Biasanya penyajiannya sudah lengkap dengan nasi yang hangat. 

Kunjungi saja Charoen Saeng Silom yang berlokasi di Bangrak, Bangkok untuk mendapatkan makanan ini. 

9. Woon Sen

Sebagian besar kuliner lokal Thailand memang identik dengan babi sehingga kurang ramah untuk warga muslim. Namun, ada juga beberapa menu makanan halal seperti Woon Sen yang disajikan dengan udang dan kepiting. Terdapat kuah dan bihun putih untuk menambah citarasa. 

Woon Sen bisa Anda peroleh di restoran Somsak Boo Op yang berlokasi di Thanon Charoen Rat Soi 1, Khlong San, Bangkok. 

10. Mie Tom Yum

Satu lagi makanan tradisional halal Thailand selain Woon Sen. Anda bisa mencoba mie Tom Yum yang sudah populer sebagai street food pedas dan gurih ini di rumah makan Jeh O Chula. Semangkuk Tom Yum dihadirkan dengan toping yang melimpah di warung makan ini. 

Saking enaknya, Anda harus rela antri dengan pengunjung lain selama berjam-jam untuk mendapatkan Tom Yum lezat di Jeh O Chula. 

Selain berwisata, kuliner di Thailand memang jadi daya tarik yang tiada habisnya untuk dikulik. Mulai dari kuliner berjenis rebusan hingga panggang, semua ada di Bangkok. Citarasa yang dihasilkan pun masih masuk dengan lidah Indonesia. 

Saat ini ada Traveloka Travel Fair yang menyediakan berbagai promo hotel, tiket pesawat dan atraksi dengan diskon s.d. 50% + 30% untuk keliling dunia! #TravelokaTravelFair hadir mulai 3 Agustus 2023 - 3 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya