Begini Cara Pertolongan Pertama Jika Tersengat Listrik

Ilustrasi tersengat listrik
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Berita kakak kandung penyanyi Syahrini, Ridwan Zaelani, meninggal dunia akibat tersengat listrik bertegangan tinggi pada Selasa, 25 September 2018 lalu cukup mengejutkan. Kejadian itu bermula saat Ridwan dan Deden Edi, seorang mekanik, sedang mencuci truk. 

Pekerja Bangunan di Makassar Tewas Tersengat Listrik dan Tertancap Pagar Besi

Seperti dikutip dari Tribunnews, Ridwan lalu meminta Deden untuk menaikkan bak truk yang sedang dicuci. Namun, bak tersebut mengenai arus listrik bertegangan tinggi. Menurut Aisyahrani, adik Syahrini, kakaknya salah memilih pegangan sehingga akhirnya tersengat listrik.

Kecelakaan akibat tersengat listrik bisa terjadi pada siapa saja. Sebenarnya apa yang harus dilakukan saat tersengat listrik? Dikutip dari emedicinehealth, sengatan listrik dapat terjadi saat seseorang memiliki kontak dengan sumber energi listrik. Energi listrik ini mengalir ke sebagian tubuh yang menyebabkan rasa kaget dan tersengat. Sengatan listrik ini bisa saja membuat Kamu terluka bahkan kematian.

Sedang Perbaiki Lampu Jalan, Pria Lansia Tewas Tersengat Aliran Listrik

Sebagian besar orang yang tersengat listrik memiliki kontak dengan peralatan, kabel, ataupun pusaran listrik. Siapa pun termasuk anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa dapat berisiko terkena sengatan listrik yang ringan hingga parah. Normalnya, tegangan listrik yang rendah atau kurang dari 500 volt tidak menyebabkan luka pada manusia.

Listrik

Bocah Meninggal di Taman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Diduga Tersengat Listrik
Pekerja Bangunan di Makassar Tewas Tersengat Listrik dan Tertancap Pagar Besi

Kronologi Pekerja Bangunan Tewas Tersengat Listrik dan Tertancap Pagar Besi di Makassar

Abidin (56), seorang pekerja bangunan di Komplek Tabaria, Kecamatan Tamalate, Makassar, jatuh dari lantai 2 dan mendarat di pagar besi yang tajam pada Senin (22/1/2024).

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024