Waspada Diabetes Anak, Sering Muncul Dengan Gejala Sederhana

Ilustrasi anak gemuk
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Selama ini penyakit diabetes melitus identik dengan usia dewasa, padahal masih banyak diantara masyarakat yang tidak tahu bahwa anak-anak pun juga bisa mengidap penyakit ini.

Diabetes Remaja Meningkat, Apa Penyebabnya?

Bukan hanya itu saja ketika berobat di rumah sakit, beberapa gejala yang ditunjukkan oleh anak dengan diabetes pun terkadang terjadi salah diagnosis oleh dokter.

"Kadang dianggap asma, dianggap abses, gatal-gatal terutama pada anak, karena tidak pernah terpikirkan (penyakit diabetes)," kata Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia, DR.dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A (K), di Gedung Kementerian Kesehatan Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.

Kasus Diabetes Anak Angkanya Mengejutkan, IDAI: 90-95 Persen Tipe 1

Dia pun menyarankan kepada orangtua, ketika anak mengalami gejala utama seperti banyak minum, banyak kencing, hal utama yang harus dipikirkan oleh orangtua adalah anak tersebut mengalami diabetes.

"Jadi kalau datang dengan kondisi tersebut ke Rumah Sakit, hal utama yang dipikirkan anak itu diabet. Ketika si anak datang ke IGD langsung cek darah, semakin cepat ketahuan semakin bagus," sambung dia.

Anak dengan Diabetes Tipe 1 Bisa Juga Alami Diabetes Tipe 2, Kok Bisa?

Dia melanjutkan bahwa semakin cepat penyakit diabetes pada anak diketahui maka semakin memperkecil kemungkinan komplikasi yang akan terjadi kepada anak.

"Komplikasi bisa katarak, gagal ginjal dan paling berat meninggal," kata dia.

Ilustrasi anak minum susu

Anak 6 Tahun Sudah Kena Diabetes, Waspada Jika Terbiasa Minum Susu Berperisa

Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Muhammad Faizi mengatakan kasus diabetes melitus tipe 2 pada anak semakin banyak dilaporkan

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024