Simpan Insulin di Kulkas Bisa Kurangi Efektivitasnya?

Ilustrasi cek gula darah.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Bagi penderita diabetes tipe 1, menggunakan suntik insulin adalah salah satu cara untuk memproses glukosa dan menghindari komplikasi gula darah tinggi. Sebab itu, insulin suntik harus tersedia setiap saat.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Namun, banyak orang dengan diabetes menyimpan insulin mereka pada suhu yang salah di lemari es atau kulkas. Padahal menurut studi terbaru, hal itu bisa mengurangi efektivitasnya.

Insulin harus disimpan dalam lemari es dengan suhu antara 2-8 derajat celcius, dan pada suhu 2-30 derajat celcius ketika dibawa oleh pasien dalam pen atau botol. Meskipun penderita diabetes sering menyimpan insulin di lemari es di rumah selama beberapa bulan sebelum menggunakannya, sedikit yang mengetahui bagaimana hal itu bisa memengaruhi kualitas insulin.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Banyak orang dengan diabetes tidak sengaja menyimpan insulin dengan cara yang salah karena suhu yang berfluktuasi di lemari es," kata penulis studi Katarina Braune, seperti dilansir dari Health24.

Ia menyarankan menggunakan termometer ketika  menyimpan insulin untuk memeriksa suhunya. Sebab penyimpanan insulin secara jangka panjang bisa berdampak menurunkan gula darahnya.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memeriksa sejauh mana suhu selama penyimpanan insulin di lemari es memengaruhi efikasi insulin dan efeknya terhadap pasien," kata dia.

dr. Roy Panusuan Sibarani, Chief Officer dari Diabetes Initiative Indonesia

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Federasi Diabetes Internasional memperkirakan bahwa 783 juta orang di seluruh dunia akan hidup dengan diabetes pada tahun 2045.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024