Tempat Ini Menyediakan Layanan Tes HIV yang Nyaman

Ilustrasi pengambilan darah.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Tahun ini, tema peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember adalah “Know your status”. UNAIDS, organisasi WHO yang khusus menangani HIV/AIDS, menekankan semua orang yang berisiko untuk melakukan tes HIV segera. Deteksi dini yang gencar dikampanyekan pada mereka yang berisiko HIV/AIDS berhasil membawa kemajuan yang signifikan.

Terpopuler: Peneliti Terorisme Cantik yang Tak Takut Mati, Kisah Haru Mantan Transgender 

Dilansir dari unaids.org, sejak kampanye ini dimulai 1988, kini tiga dari empat pengidap HIV sudah diketahui statusnya. Namun, jalan untuk menanggulangi HIV/AIDS, menurut UNAIDS, masih sangat panjang. Target yang harus dipenuhi adalah menjaring sebanyak-banyaknya para penyandang HIV yang belum terdeteksi, kemudian memastikan mereka mendapatkan perawatan yang benar.

Apa sih manfaat penderita tahu status mereka sebagai penyandang HIV? Tujuan utamanya adalah mereka akan rutin minum obat dan lebih berhati-hati dalam perilaku yang berisiko, sehingga tidak menularkan virus HIV kepada orang lain.

PBB: AIDS Bisa Berakhir di Tahun 2030

Sayangnya, masih banyak hambatan untuk mendorong penyandang HIV melakukan tes dan mengakui dirinya adalah pengidap HIV. Inilah beberapa di antaranya.

BACA SELENGKAPNYA

Angka HIV Ibu Rumah Tangga Tinggi, Dokter: Banyak Pria dan Wanita Gemar Tukar-tukaran Pasangan
Ilustrasi HIV

Sunat Bisa Turunkan Risiko Penularan HIV

Melihat sumber infeksi, penularan HIV dinilai masih akan terus terjadi.

img_title
VIVA.co.id
1 Desember 2023