Penderita HIV Harus Minum Obat Cegah TBC, Ini Alasannya

Ilustrasi HIV/AIDS.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Penderita HIV seringkali juga terinfeksi dengan penyakit lain, seperti tuberkulosis (TBC). Bahkan menurut Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Respirologi, Rina Triasih kedua penyakit ini saling berkaitan.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

"TBC merupakan penyakit komorbid tersering pada pengidap HIV, juga yang paling sering menyebabkan kematian," kata Rina Opening Ceremony Webinar Nasional: Implementasi TOSS TBC (Temukan, Obati, Sampai Sembuh) dalam Berbagai Sektor Untuk Eliminasi TBC, Senin 20 Maret 2023. Scroll lebih lanjut ya.

Menurutnya, meski pasien HIV tersebut tidak terinfeski TBC, obat pencegahan wajib diminum. Hal ini karena HIV menyerang sistem imun, sementara itu butuh imun yang kiat untuk melawan TBC.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

"Jadi pasien HIV sangat, sangat lemah, dan rentan terinfeksi TBC, selain itu juga diabetes mellitus, mereka adalah sasaran prioritas untuk diberi terapi pencegahan," katanya.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Menurut data organisasi kesehatan dunia WHO, TBC merupakan penyebab utama kematian pada orang dengan HIV/AIDS dewasa sehingga diperlukan deteksi dini untuk menurunkan angka mortalitas. Di beberapa negara, kematian terjadi pada 50 persen pasien saat menjalani pengobatan TBC, biasanya dalam dua bulan setelah pasien didiagnosis tuberkulosis.

Ilustrasi penderita TBC.

Photo :
  • U-Report

Orang dengan HIV 18 kali lebih berisiko mengalami penyakit TBC aktif dibandingkan orang tanpa HIV. HIV dan TBC menjadi kombinasi yang mematikan, kedua penyakit saling mempercepat progres satu sama lain.

Pengidap HIV yang didiagnosis mengidap TBC, baik aktif atau laten, perlu mengonsumsi obat-obatan untuk HIV dan TB. Namun, obat HIV dan TBC tidak selalu bekerja sama dengan baik dan bisa meningkatkan risiko interaksi obat dan efek samping. Untuk itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk membantu menentukan kombinasi obat terbaik dan cocok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya