Kerokan Bisa Sembuhkan Angin Duduk, Benarkah?

Kerokan.
Sumber :
  • Youtube Paparazzi News.

VIVA – Penyakit angin duduk seringkali dianggap remeh oleh banyak masyarakat Indonesia. Tidak jarang yang beranggapan bahwa penyakit angin duduk bisa sembuh dengan sendirinya atau hanya dengan melakukan kerokan.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Tapi benarkah angin duduk bisa disembuhkan dengan kerokan? Menurut dr Vito A. Damay, Sp.JP (K), M. Kes, FIHA, FICA, anggapan bahwa penyakit angin duduk bisa sembuh dengan kerokan cuma mitos. Ia mengatakan bahwa angin duduk ialah tanda dari penyakit serius.

"Angin duduk itu penyakit berbahaya dan bukan karena masuk angin. Jadi kerokan tidak akan menyembuhkan, dan harus segera ke rumah sakit dan mendapatkan tata laksana medis yang benar," ujarnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 21 Desember 2018.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Ia mengatakan bahwa penyakit angin duduk merupakan gejala awal dari penyakit jantung koroner. Sehingga harus mendapatkan penanganan, seperti mendapatkan pemasangan ring di jantung atau melakukan pengenceran darah, bukan ditangani dengan kerokan.

Ia menambahkan bahwa penyakit jantung koroner juga bisa disebabkan oleh penyakit, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

"Jadi penyakit itu meningkatkan risiko angin duduk karena ini penyebab penyakit jantung koroner atau penyempitan di jantung," kata Vito.

Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik dan menjaga pola makan sehat. Selain itu, Anda juga haru rutin melakukan pemeriksaan medis ke dokter. (tsy)

Ilustrasi perut buncit

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Lemak perut seringkali menjadi momok bagi orang dewasa. Selain mengganggu penampilan dan membatasi gerak, ternyata lemak perut juga menyimpan bahaya kesehatan yang serius

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024