Mengenal Pneumonia Hingga Mengupas Manfaat Daun Sambiloto

Ilustrasi bakteri / Pneumonia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pneumonia adalah infeksi yang terjadi pada paru-paru. Orang awam biasanya mengenal penyakit ini dengan istilah paru-paru basah.

Tingkat Kematian Kanker Paru Tinggi, Dokter Ungkap Penyebab yang Sering Tak Disadari

Gejala pneumonia dapat berupa batuk, demam, dan sesak napas. Penderita juga akan mengalami pembengkakan. 

Pneumonia terjadi karena adanya cairan pada alveoli atau kantung udara pada paru, tempat untuk pertukaran oksigen dengan karbon dioksida.

Pneumonia is Leading Cause of Death in Children, Toddlers

Banyak orang menganggap pneumonia adalah penyakit yang dapat diobati di rumah. Biasanya, pneumonia akan sembuh dalam 2–3 minggu. 

Namun, pada lansia, bayi, dan orang dengan kelemahan kekebalan tubuh, penyakit pneumonia bisa sangat menyakitkan, sehingga butuh rawat inap di rumah sakit.

Penyakit Pneumonia Jadi Penyebab Kematian Terbesar Pada Anak dan Balita

Lalu, bagaimana cara mendeteksi pneumonia? Apakah penyakit ini menular?

Simak penjelasan mengenai pneumonia bersama dr. Fathiah Sp.P dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne pukul 13.00-14.00.

Selain itu, jangan lewatkan pula pembahasan mengenai manfaat daun sambiloto yang dipercaya bisa mengatasi banyak penyakit. Daun yang biasa diolah menjadi jamu ini sangat digemari masyarakat meski rasanya pahit.

Banyak yang menyebut kalau daun sambiloto bisa mengatasi kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, infeksi saluran empedu, flu, radang paru dan hepatitis. Benarkah demikian? Di program ini dr. Lonah, SpFK akan memaparkan fakta dan mitos seputar daun sambiloto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya