Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Pendengaran Saat Naik Pesawat

Ilustrasi kursi duduk pesawat.
Sumber :
  • www.pixabay.com/StelaDi

VIVA – Saat bepergian dengan pesawat, terutama untuk jarak jauh, banyak orang sering mengeluhkan rasa sakit pada telinga. Bahkan dalam beberapa kasus, sering terjadi pembengkakan yang membuat seorang kehilangan pendengaran dalam jangka waktu tertentu.

Apakah Penyandang Tunarungu Bisa Belajar untuk Berbicara?

Bagi yang pertama kali mengalaminya, hal ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri. Terlebih ketika gangguan pendengaran itu terjadi dalam waktu yang lama. Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut dan bagaimana kita mesti mengatasinya?

Menurut Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala dan Leher Rumah Sakit Pondok Indah, dr Hably Warganegara, Sp. THT-KL, hal itu terjadi karena ada pembengkakan pada
tuba eustachius atau saluran yang menghubungkan rongga telinga tengah dengan daerah di belakang hidung.

3 Masalah Pendengaran Ini Bisa Jadi Tanda Terinfeksi COVID-19

Ia menjelaskan, umumnya tuba eustachius dalam keadaan steril serta tertutup. Bagian ini baru terbuka apabila udara diperlukan masuk ke telinga tengah atau pada saat mengunyah, menelan dan menguap.

"Perubahan udara dan ketinggian secara tiba-tiba saat take off dan landing membuat tuba eustachius membengkak dan tersumbat, sehingga mengalami masalah pendengaran," katanya saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Februari 2019. (zho)

Jangan Abai Sama Gangguan Pendengaran

Sebab itu, pada saat take off dan landing, pramugari kerap kali menawarkan permen. Hably menjelaskan, mengunyah permen membuat bagian tuba eustachius terbuka dan mampu berdaptasi dengan tekanan udara yang berbeda secara tiba-tiba.

"Pembengkakan itu lebih berisiko kalau sedang pilek, batuk, pasti berisiko telinganya tertutup. Antisipasi makan permen. Dan ada obat semprot hidung untuk tuba eustachius biar saluran tetap terjaga dan terbuka. Ini biasa dipakai pramugari dan pilot," kata Hably.

Bahaya Earphone

Awas, Sering Pakai Headset Picu Gangguan Pendengaran

Kebiasaan menggunakan headset dengan volume tinggi rupanya akan dapat berisiko terjadi gangguan pendengaran.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2022