Jangan DIbuang, 5 Jenis Sisa Makanan Ini Masih Bisa Dimanfaatkan

Ilustrasi kulit jeruk
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA – Kulit buah dan makanan kedaluwarsa seringkali hanya berakhir di tempat sampah. Selain tak layak dimakan, dua hal ini jika tak segera disingkirkan dari dapur kerap menimbulkan bau tidak sedap karena membusuk.

Jangan Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Kaya Vitamin

Tapi tahukan Anda, ada beberapa jenis makanan kedaluwarsa dan kulit buah yang sering Anda buang itu ternyata masih ada manfaatnya? Mungkin, tidak banyak yang tahu, namun tidak ada salahnya mencoba 6 tips berikut ini, seperti dilansir laman Reader Digest.

1. Kulit semangka pembangkit stamina seks

Libur Panjang Kenaikan Isa Al-Masih, 150 Ribu Penumpang Padati Bandara Soetta

Kulit semangka terutama area putihnya tidak hanya mengandung nutrisi seperti vitamin C dan B6 yang bermanfaat untuk kulit, imunitas dan penguat sistem saraf. Kulit semangka diketahui juga bisa meningkatkan kualitas kehidupan seks Anda. 

Sebuah penelitian tahun 2008 menyebut bahwa para peneliti Texas A&M University menemukan bahwa kulit semangka memiliki konsentrasi tinggi senyawa citrulline, yang diubah tubuh menjadi asam amino sehingga membantu meningkatkan sirkulasi dan mengendurkan pembuluh darah.

Ngobrol Pakai Realme C65 dalam Keadaan Basah Enggak bikin 'Worry'

Anda bisa menggunakan kulit semangka sebagai campuran untuk smoothie buah, atau tumisan yang dapat memberikan tekstur seperti zucchini dan rasa yang sedikit manis.

2. Kulit pisang antikanker

Tahukah Anda menurut sebuah studi yang dilakukan di tahun 2013, di seluruh dunia setiap tahun sekitar 40 juta ton kulit pisang dibuang. Padahal nyatanya kulit pisang memiliki manfaat tak terduga untuk menyembuhkan luka. Gosokkan sisi luar kulit pisang dan kain kasa untuk menyembuhkan luka memar. 

Tak hanya itu, air rendaman kulit pisang juga diketahui memiliki manfaat untuk menyuburkan tanaman. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat gizinya, kulit pisang juga masih bisa dikonsumsi lho. Sebuah artikel di tahun 2011 menyebutkan bahwa penelitian biokimia dan bioteknologi terapan menemukan bahwa kulit pisang mengandung antioksidan jenis karotenoid dan polifenol. Kedua senyawa itu diperkirakan dapat mencegah diabetes, penyakit jantung, hingga kanker

3.Roti kedaluwarsa

Terkadang roti yang telah habis masa kedaluarwsanya masih layak dikonsumsi meskipun secara tekstur akan lebih kaku. Asal tidak tumbuh jamur dan tidak berbau, roti kedaluwarsa masih bisa dimanfaatkan. Biasanya sisa roti itu bisa dikeringkan dan dijadikan tepung roti.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan roti tersebut untuk menyerap bau di tempat sampah, hingga menghilangkan residu yang tersisa seperti noda krayon di dinding. Caranya, usap tempat itu dengan kain lembut, lalu gosokkan roti setengah basi ke atasnya. Teksturnya yang seperti spons akan bekerja seperti penghapus pembersih bermerek.

4.Minyak zaitun kedaluwarsa sebagai penghapus makeup

Minyak zaitun yang telah kadaluwarsa ternyata bisa digunakan untuk berbagai hal. Oleskan sedikit pada gigi resleting yang macet atau gunakanlah untuk membersihkan riasan mata. Selain bisa digunakan ke daun tanaman pot Anda untuk membuatnya terlihat lebih sehat. 

5.Kulit jeruk bali sebagai penurun kolesterol

Anda mungkin sudah tahu bahwa jeruk bali memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa kulit jeruk adalah makanan pembangkit tenaga listrik juga. Kulit jeruk bali mengandung pektin hingga serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Anda bisa memarutnya, atau menggunakan zester, dan gunakan kulit jerut itu untuk taburan salad, seduhan teh atau jika ingin mencoba mengonsumsinya, kulit jeruk bisa ditambahi gul. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya