Indonesia Tandatangani MoU dengan Belanda di Bidang Kesehatan

Kemenkes RI
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA – Kementerian Kesehatan RI dan Belanda sepakat untuk mempercepat implementasi Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama Kesehatan yang telah ditandatangani pada tanggal 6 November 2018 di Nusa Dua, Bali. 

Update COVID-19 Hari Ini 6 Maret 2022: Kasus Positif Tambah 24.867

Kesepakatan tersebut dicapai pada Pertemuan Pertama Joint Working Group (JWG) Indonesia-Belanda di Den Haag pada tanggal 7-8 Maret 2019. Dalam MoU itu, keduanya sepakat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan konkret dalam area kerja sama penguatan sistem kesehatan. 

Beberapa di antaranya terkait dukungan terhadap program Dokter Layanan Primer, pengendalian penyakit menular termasuk resistensi antimikroba, ketahanan kesehatan global, serta area kerja sama lainnya. Hal tersebut dituangkan dalam draf Joint Action Plan for the Implementation of MOU on Health Cooperation Indonesia-the Netherlands 2019-2023.

Kasus COVID-19 Terus Turun, Indonesia Sudah Lewati Gelombang 3?

“Joint Action Plan mendorong sinergitas para pemangku kepentingan terkait di kedua negara untuk mengoptimalkan implementasi dan manfaat kerja sama kesehatan Indonesia-Belanda melalui program konkrit,” Ketua Delegasi Kemenkes RI, Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri, Acep Somantri, SIP, MBA dalam siaran pers yang diterima VIVA, Senin 11 Maret 2019.

Dalam pertemuan itu, keduanya juga sepakat untuk menyusun dan memfinalisasi Dokumen Joint Action Plan dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan agar dapat ditandatangani oleh kedua pejabat tinggi Kemenkes kedua negara pada kesempatan menghadiri Sidang World Health Assembly ke-72 di Jenewa pada tanggal 20-28 Mei 2019. 

Kemenkes: Pandemi RI Masuk Praendemi saat Kasus COVID Terkendali

Selain itu, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Belanda, Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja, di KBRI Belanda juga mengapresiasi kinerja Kemenkes RI dalam memajukan kerja sama kesehatan Indonesia-Belanda. Ia menyampaikan bahwa KBRI Den Haag siap mendukung berbagai program kerja sama kesehatan yang direncanakan dan berharap dapat segera diimplementasikan secara konkrit.

Tidak hanya itu, Diaspora Kesehatan Indonesia-Belanda yang juga mendukung berbagai upaya yang dilakukan Kemenkes RI dan Belanda untuk memajukan kerja sama kesehatan. Mereka mendukung rencana Kemenkes RI menyelenggarakan Forum Bisnis Kesehatan Indonesia-Belanda pada kesempatan kunjungan Delegasi Kemenkes RI berikutnya ke Belanda.(ldp)

Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker.

COVID-19 Menuju Endemi, Aturan Wajib Masker Akan Dihapus?

Sesuai arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Indonesia tengah bersiap menuju endemi COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022