Cara Rawat Area Kewanitaan untuk Cegah Penyakit Seksual Menular

ilustrasi organ intim/vagina.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kebersihan area kewanitaan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap wanita di dunia. Jika tidak dirawat dengan baik, hal itu dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Pakai Parfum Khusus untuk Miss V yang Viral di Korea Selatan? Ini Faktanya

Salah satunya ialah infeksi Saluran Kemih (ISK). Bahkan, sebuah data mengungkapkan bahwa 75 persen wanita di Indonesia pernah mengalami keputihan minimal sekali dalam hidupnya.

Aesthetic Gynaecologist dr. Dinda Derdameisya. Sp.OG juga mengatakan bahwa menjaga area kewanitaan bukanlah hal yang mudah. Ia mengatakan bahwa tidak banyak wanita yang paham bagaimana membersihkan area kewanitaan dengan tepat.

Ratus Vagina Bisa Bikin Miss V Rapat? Begini Kata Dokter Boyke

"Apabila cara yang digunakan salah dapat menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan reproduksi. Keputihan misalnya, merupakan salah satu symptom adanya permasalahan dalarn organ reproduksi perempuan," ucap dia saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2018.

Keputihan yang tidak segera ditangani dengan baik, lanjut dia, juga berisiko mengakibatkan berbagai masalah sampai dengan Infeksi Menular Seksual. Oleh sebab itu, butuh cara yang tepat untuk menjaga area kebersihan. Lantas, seperti apa cara perawatan area kewanitaan yang tepat?

Tips Cegah Jerawat Tumbuh di Area Intim

"Pertama selalu membasuh area kewanitaan menggunakan air bersih, kemudian rajin mengganti underwear minimal dua kali sehari pada saat area kewanitaan sedang lembap," kata dia.

Lebih lanjut, Dinda juga menyarankan untuk memilih bahan underwear yang memiliki sirkulasi udara baik. Dengan demikian tidak akan menimbulkan iritasi. 

"Yang terakhir itu menggunakan produk kewanitaan yang tepat dengan kandungan prebiotics dan bahan alami serta memiliki pH balance berkisar antara 3,5-4,9 sehingga aman dan mampu memberikan manfaat bagi kesehatan area kewanitaan," ucap Dinda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya