Ampuh Atasi Keputihan, Begini Cara Dapat Khasiat Daun Sirih

Daun sirih.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Daun sirih menjadi salah satu tanaman obat yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Daun sirih paling sering digunakan masyarakat Indonesia untuk merawat organ intimnya. Daun sirih ini digunakan untuk mengurangi keputihan.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

"Daun sirih ini sudah terbukti secara klinis dan sudah diuji ke manusia. Kenapa berkhasiat karena di dalamnya memiliki zat-zat yang memang bisa mengobati berbagai keadaan, minyak atsiri untuk antibakteri, antiseptik,” ujar dokter herbal medik, dr. Rianti Maharani, M.Si dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 6 Juli 2022.

“Memiliki flavonoid, tanin merupakan mengurangi lendir pada keputihan biasanya keluar lendir kurang enak sehingga ketika daun sirih diaplikasikan akan kurangi lendir," lanjutnya.

Manfaat Popok Dewasa untuk Lansia Hingga Tips Pilih yang Tepat

Diungkap oleh dokter Rianti, daun sirih ini bisa digunakan sebagai obat luar dan obat dalam. Obat dalam ini, daun bisa diminum, dan untuk obat luar bisa diaplikasikan untuk cebok.

"Untuk diminum kita bisa buat menggunakan metode inklusi mengekstrak kandungan daun siri sehingga hanya air yang digunakan. Cara gunakan 10 lembar daun siri, air 5 gelas rebus selama 15 menit,” ujar dokter Rianti.

Dampak Psoriasis Tak Main-main, Dokter Tekankan Pentingnya Pakai Sunscreen

“Setelah itu ambil air bagi menjadi dua gelas diminum sehari 2x setelah makan. Disarankan ketika sudah berhenti keputihan bisa distop. Jika seminggu ga ada perbaikan konsultasi ke dokter," kata dia.

Daun sirih

Photo :
  • U-Report

Selain itu, daun sirih juga bisa digunakan untuk gatal. Dengan cara merebus 10 lembar daun siri dengan 1 liter air. Gunakan daun siri saat main untuk mengurangi gatal yang disebabkan jamur.

"Kalau hanya gatal di daerah kewanitaan gunakan saat cebok saja," jelasnya.

Selain itu, daun sirih juga diketahui bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Sebab daun sirih mengandung antibakteri, anti radang, dan anti nyeri.

"Bisa dibuat obat kumur. Gunakan daun sirih yang sudah direbus lalu jika sudah tidak panas dibuat kumur-kumur," kata dia.

Selain itu, berdasarkan uji preklinis, daun siri juga bisa mengurangi plak pada gigi hingga keluhan batuk ringan.

"Untuk keluhan batuk ringan gunakan 5-10 lembar daun sirih, jinten hitam, 10 gram kencur. Bahan tadi kemudian direbus 15 menit dan ambil airnya, bisa diminum 3x sehari," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya