Payudara Bunda Suka Gatal? Hati-Hati Bisa Jadi Perimenopause hingga Kanker

Ilustrasi payudara
Sumber :
  • vecteezy

JAKARTA – Pernah mengalami gatal di area payudara? Gatal pada area payudara diketahui sering dialami oleh sejumlah wanita. Ada beberapa penyebab terjadinya gatal di area payudara. Mulai dari bra yang tidak sesuai ukuran, bakteri yang ada di bra lantaran tidak dicuci atau bahkan penanda penyakit kronis tertentu.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ada berbagai alasan mengapa payudara seorang wanita gatal. Lantas apa saja yang menyebabkan gatal? Berikut ini rangkumannya menurut Ahli Bedah Plastik dan pendiri Implant Health, Paul Harris melansir laman The Sun. Scroll lebih lanjut ya.

1. Bra Anda perlu dicuci atau tidak muat

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ilustrasi Bra

Photo :
  • Pixabay/KlausHausmann

Namun jika Anda merasakan tanda-tanda gatal di payudara Anda, itu mungkin berarti bra Anda terlalu jarang dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah pada payudara Anda.

Paul, Amil dan Aadil menjelaskan bahwa bakteri yang berkembang biak di kulit, sel kulit mati, minyak, dan keringat yang dikeluarkannya dapat terperangkap di dalam bahan bra dan menjadikannya tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri. Hal ini dapat mengiritasi kulit, menyebabkan gatal dan menimbulkan bau tidak sedap.

Dalam hal ukuran, sangat penting bagi Anda untuk mengukur ukuran bra Anda secara akurat. Selain sangat tidak nyaman, bra yang tidak pas juga dapat menyebabkan benjolan di sekitar payudara. Jika Anda memakai implan, dan Anda melihat adanya benjolan atau perubahan yang tidak biasa pada bentuk atau ukuran payudara, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan klinis guna memeriksa adanya kelainan, kata ahli bedah plastik.

2. Perubahan cuaca 

Ilustrasi cuaca panas.

Photo :
  • Pixabay

Kulit Anda bereaksi berbeda setiap musim sehingga menjelang musim hujan, cuaca yang lebih dingin bisa menjadi penyebab di balik rasa gatal di payudara. Saat cuaca dingin, kulit Anda mungkin menjadi lebih kering. Namun saat cuaca hangat, Anda mungkin menemukan banyak panas tubuh yang terperangkap menumpuk di sekitar payudara. Hal ini dapat menyebabkan area di antara dan di bawah payudara berkeringat, sehingga terasa sedikit gatal dan membuat kulit perih. Ahli merekomendasikan untuk memilih bahan yang lebih ringan untuk bra dan pakaian Anda di musim panas jika memungkinkan, agar area tersebut tetap sejuk. 

3. Sedang mengalami perimenopause

Menstruasi

Photo :
  • Pinkvilla

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mengalami gejala perimenopause sejak usia 30? Dalam sepuluh tahun atau lebih menjelang menopause, setahun sejak menstruasi terakhir Anda, tubuh akan mengalami banyak perubahan, termasuk perubahan hormonal yang dapat menyebabkan rasa gatal. Menurunnya kadar estrogen dan kolagen dalam tubuh membuat kulit terasa lebih kering sehingga dapat menyebabkan area penahan panas tubuh seperti payudara dan alat kelamin terasa gatal. Kedua, perubahan kadar hormon bisa menyebabkan suhu tubuh melonjak secara tiba-tiba. Hal ini biasanya disebut dengan rasa panas (hot flush), dan lagi-lagi keringat berlebih dapat menyebabkan rasa gatal.

4. Kulit meregang

Peregangan kulit di sekitar payudara biasanya dikaitkan dengan pertumbuhan yang cepat, termasuk pubertas, penambahan berat badan, dan kehamilan. Namun, hal ini juga bisa terjadi setelah prosedur pembesaran payudara. Saat Anda tumbuh melewati masa kanak-kanak, remaja, dan dewasa, kulit Anda mengembang dalam jangka waktu yang lama. Namun saat berat badan kita bertambah dengan cepat, atau hamil, kulit akan meregang lebih cepat daripada pertumbuhannya, sehingga dapat menyebabkan rasa gatal dan peradangan kulit.

Para ahli Kesehatan Implan mencatat bahwa kulit Anda akan dapat meregang dan kemudian kembali normal jika sehat dan terhidrasi.  Jika Anda baru saja menjalani pembesaran payudara, rasa gatal adalah bagian normal dari proses penyembuhan karena kulit harus diregangkan untuk mengakomodasi implan selama prosedur berlangsung. Kebanyakan orang mendapati bahwa rasa gatalnya hilang dalam beberapa bulan setelah operasi.

5. Hamil

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Photo :
  • Freepik/user18526052

Selain kulit mulai meregang untuk mengakomodasi kehidupan baru, selama kehamilan, kadar hormon Anda mungkin sedikit berubah-ubah. Perubahan ini dapat membuat payudara terasa sedikit kesemutan dan bahkan mungkin perih.

Selama tahap pertama kehamilan, payudara Anda mulai bersiap untuk memproduksi ASI. Secara alami, hormon progesteron akan mulai meningkat, dan jaringan akan berubah sehingga menyebabkan payudara menjadi gatal. Anda mungkin juga memperhatikan payudara Anda mulai membesar dan menjadi sedikit lebih sulit untuk disentuh

Terkadang selama kehamilan, Anda mungkin juga mengalami benjolan di sekitar payudara. Ini biasanya tidak berbahaya dan berkaitan dengan perubahan hormonal. Sekali lagi, jika Anda melihat ada benjolan atau sesuatu yang tidak biasa pada payudara, Anda harus memeriksakannya ke ahli.

6. Kanker payudara

Penting untuk diingat bahwa ruam adalah salah satu gejala kanker payudara. Kanker payudara adalah kanker paling umum di Inggris dengan satu wanita didiagnosis setiap 10 menit atau sekitar 55.000 per tahun. Cancer Research UK mengatakan gejala penyakit ini meliputi 'perubahan kulit pada payudara seperti kerutan, lesung pipit, ruam atau kemerahan pada kulit'. Ini biasanya merupakan tanda-tanda peradangan kanker payudara, suatu bentuk penyakit yang lebih jarang namun cepat menyebar.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Breast Cancer Now menyoroti bahwa lebih dari 40 persen wanita tidak pernah memeriksa payudara mereka. Idealnya, wanita harus memeriksa payudara mereka secara menyeluruh sebulan sekali, pada hari yang sama atau beberapa hari setelah menstruasi, kata Paul dan rekan-rekannya.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa payudara salah satunya adalah dengan memeriksa sendiri. Caranya berdirilah di depan cermin dengan bahu lurus dan lengan di pinggul. Periksa apakah ada perubahan visual dalam ukuran atau bentuk, ini sangat penting terutama jika Anda menggunakan implan payudara karena ini bisa menandakan pecahnya payudara.

Kemudiann angkat tangan Anda di atas kepala. Perhatikan bagaimana payudara Anda bergerak saat Anda melakukannya. Apakah mereka bergerak seperti biasanya? Kanker payudara dapat membuat payudara kurang bergerak.

Selanjutnya, gunakan tangan kanan Anda untuk meraba payudara kiri Anda. Dengan gerakan memutar, gerakkan jari telunjuk dan jari tengah dari sisi ke sisi, dari tulang selangka ke perut bagian atas, lalu dari ketiak ke belahan dada.

Kemudian, ulangi proses tersebut dari puting, bergerak ke arah tepi luar payudara. Terakhir, lakukan hal yang sama di sekitar area ketiak Anda. Anda sekarang dapat berpindah ke payudara berikutnya, menggunakan tangan kiri untuk memeriksa payudara kanan Anda.

Payudara gatal bisa terjadi pada kita semua, dan perubahan pada payudara adalah hal yang wajar. Namun penting untuk mengetahui payudara Anda dan memeriksakan hal-hal yang tidak biasa ke profesional medis atau melakukan pemeriksaan kesehatan payudara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya