Tak Percaya Isu BPA, Dua Profesor Ini Akui Aman Konsumsi AMDK Polikarbonat

Ilustrasi air minum.
Sumber :
  • Pixabay/Bernd

BANDUNG – Isu negatif tentang Bisfenol A (BPA) masih berhembus. Namun, dua profesor dari dua universitas ternama di Indonesia mengaku tidak terpengaruh oleh isu hoax tersebut.   

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

“Saya dan semua yang di ITB di sini saya perhatikan pakai galon polikarbonat. Semua aman dan sehat walafiat. Kita tidak terimbas dari isu itu (BPA) karena kita bergerak dengan ilmu pengetahuan bukan dengan isu,” ujar Prof. Dr. Achmad Zainal Abidin, Pakar Polimer dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada sebuah talkshow yang digelar sebuah radio swasta baru-baru ini. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Dia mengatakan, Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) galon polikarbonat ini sudah dikonsumsi masyarakat selama 40 tahun lebih.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

“Tapi, sampai hari ini tidak ada single kasus yang juga muncul. Saya kira itu catatan penting ya bagi semua orang yang menyebarkan isu bahaya galon polikarbonat ini,” katanya. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Menurutnya, dalam ilmu polimer, polikarbonat itu merupakan bahan plastik yang aman dan dinyatakan baik untuk bungkus atau kemasan makanan maupun minuman.

“Saat ini ada orang mensosialisasikan galon BPA free, itu tidak berarti aman untuk kesehatan. Karena, etilen glikol yang ada dalam kemasan itu  juga berbahaya,” tuturnya.

Dia mengutarakan galon polikarbonat termasuk pembungkus atau wadah yang bagus. Dari sisi properties thermal, menurutnya, sifat dari bahan polikarbonat terhadap suhu atau temperatur, kemasan ini termasuk kuat. Begitu juga dari sisi properties terhadap mekanik seperti gesekan, benturan, goresan, polikarbonat itu termasuk bahan plastik yang bagus dan kuat.

“Nah, sekarang orang ribut dengan BPA, yang seharusnya masyarakat itu jangan ditakut-takuti dan harus dikasih informasi yang benar. Karena itu kan sudah diatur oleh BPOM. Jadi, kita harus memberikan informasi yang benar agar masyarakat  bisa tenang, tentram dan enaklah,” tukasnya.

Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, SH. M.Li, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara dan pakar hukum persaingan usaha, yang juga menjadi narasumber di acara tersebut juga menyampaikan hal serupa. Disebutkan, dia dan semua saudara-saudaranya yang beberapa juga berprofesi sebagai dokter sudah menggunakan AMDK galon polikarbonat ini sejak dulu dan terlihat aman dan sehat.

“Di keluarga saya itu separuhnya dokter, tapi nggak mati tu gara-gara minum air galon polikarbonat. Kami menganggap isu itu sebagai jokes saja. Tapi, kan tidak semua seperti keluarga kami dalam menyikapi isu ini. Yang di luar itu gimana?” ucapnya. 

Jadi, kata Ningrum, jika terjadi kekacauan di masyarakat hanya karena ada pihak-pihak tertentu yang menyebarkan isu yang tidak benar melalui media sosial, hukum harus dijalankan.

“Kalau Anda mengeluarkan statement-statement yang tidak benar dan tidak berdasarkan bukti, pasti ada delik aduannya. Jadi, saya lebih percaya edukasi, pemerintah berperan, literasi ditingkatkan, don't worry,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya