Buah Belimbing Bisa Turunkan Kolesterol Cuma Mitos, Ini Kata Dokter

Belimbing
Sumber :
  • pixabay/crishaD85

JAKARTA – Mengonsumsi jus buah menjadi salah satu alternatif untuk mencukupi kebutuhan serat harian. Namun, sebenarnya lebih sehat mana mengonsumsi jus buah atau buah potong?

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Terkait hal itu, spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, M.Gizi, SpGK, AIFOK. CBCFF menjelaskan bahwa nutrisi dalam buah akan jauh dapat dirasakan manfaatnya jika tidak terlalu banyak pemrosesan.

"Buah potong dengan jus, nutrisi yang baik jelas pemrosesan yang rendah. Sehingga buah potong nutrisinya jauh lebih terjaga lebih baik. Kadang ada orang yang tidak suka buah potong, jus bisa jadi variasi," ujar dia dalam program Hidup Sehat bersama dr. Ekles di TvOne, Jumat 3 November 2023.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Ilustrasi buah jeruk

Photo :
  • Pixabay/stevepb

Sementara itu, untuk konsumsi jus buah harus dikonsumsi langsung sesudah diolah menjadi jus. Selain itu juga tidak boleh menambahkan pemanis buatan. "Cukup gula alami dari buah itu," katanya.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Putri menambahkan, khusus untuk pasien diabetes, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi jus buah. Dia menyarankan untuk mengonsumsi buah potong langsung tanpa adanya pemrosesan. 

"Sebaiknya buah-buah potong dengan harapan gula darahnya terkontrol," jelasnya.

Namun pasien diabetes yang masih ingin mengonsumsi jus buah masih bisa dengan aturan.

"Sesekali boleh, kalau suka mangga pilih yang tidak terlalu manis, tidak tinggi gula, tidak pakai tambahan gula. Dengan harapan frekuensi makan buah kedua dan ketiga di hari yang sama tidak (konsumsi buah yang) terlalu manis, seperti kiwi, jeruk," jelas Putri Sakti.

Selain itu, untuk yang memiliki masalah asam lambung, Putri Sakti menyarankan untuk menghindari buah-buahan yang vitamin c tinggi. Vitamin c yang tinggi diketahui dapat mengiritasi lambung.

Ilustrasi buah mangga

Photo :
  • Pixabay/badcoconut

Dalam kesempatan yang sama juga, Putri Sakti mengungkap pendapat di masyarakat terkait buah belimbing yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Putri menegaskan bahwa buah belimbing bukan untuk mengobati melainkan bisa menurunkan kolesterol tetapi dengan catatan tertentu.

"Tidak langsung minum langsung turun tetap diimbangi asupan tinggi kolesterol. Memang dari segi serat membantu menurunkan kolesterol , antioksidan bantu kolisterol oksidasi sehingga tidak menempel di dinding pembuluh jantung," katanya menjelaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya