Ngulet yang Benar Bikin Tubuh Lebih Produktif, Begini Caranya!

Ilustrasi bangun tidur, ngulet
Sumber :
  • Freepik/freepik

JAKARTA –Ngulet atau peregangan otot di pagi hari usai bangun tidur menjadi salah satu kegiatan menyenangkan bagi tubuh. Pasalnya dengan ngulet tersebut tubuh akan terasa lebih nyaman lantaran adanya peningkatan aliran darah di otot. Hal ini diungkap oleh spesialis saraf, dr.  Lilir Amalina, Sp.N. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

"Jika sirkulasi lancar maka otomatis oksigen nutrisi semakin banyak sehingga berikan rileks dan nyaman. Selain itu, kenapa ngulet abis bangun tidur nyaman karena otot yang ditarik yang diregangkan terjadi peregangan dan kurangi kekauan, otot jadi renggang," kata dia dalam program Hidup Sehat bersama dr. Ekles di tvOne, Jumat 3 November 2023.

Namun, Lilir memperingatkan jika melakukan ngulet yang salah di pagi hari justru bisa menyebabkan cedera tubuh. Maka dari itu, kata dia ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Lilir mengungkap untuk tidak melakukan peregangan berlebihan.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

"Jangan dorong otot secara keras dan berlebihan karena justru timbulkan cedera," ujarnya.  

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Kedua, Lilir menjelaskan bahwa otot ketika baru bangun tidur masih kaku. Oleh karena itu, jangan paksa melakukan ngulet dengan cepat. 

"Karena justru meningkatkan cedera otot, keseleo lalu jangan terlalu lama peregangan yang baik sekitar 15-30 detik di setiap gerakan. Peregangan jangan sampai ada rasa nyeri,kalau regangkan otot nyeri kurangi intensitasnya atau perlu hentikan," jelasnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan yang sama Lilir juga mengungkap beberapa gerakan ngulet yang benar. Sehingga bisa membuat tubuh jadi rileks dan nyaman hingga siap menjalankan aktivitas harian.

"Pertama bisa meregangkan otot leher ditolehkan di sebelah kanan selama 8 hitungan. Lalu tolehkan sebelah kiri, di bawah, dan ke atas selama delapan hitungan. Dipatahkan ke kanan, patahkan ke kiri," jelasnya. 

Dia menambahkan,  untuk gerakan seluruh tubuh bisa angkat tangan ke atas ditarik sampai ke atas. 

"Kalau perlu kaki disteching pergelangan kaki ke arah dalam dan luar, otot tungaki di tarik ke arah dada," jelas dia.

Sementara itu, ketika melakukan ngulet kemudian secara tiba-tiba terjadi kram di betis. Lilir mengungkap ada beberapa penyebabnya mulai dari dehidrasi kurang cairan, oleh karena itu Lilir mengingatkan untuk tetap minum air yang cukup sepanjang hari. Kemudian bisa juga lantaran kekurangan mineral, seseorang yang kekurangan mineral dapat mudah menyebabkan otot menjadi kram. Lalu aktivitas yang berlebih saat siang hari hingga adanya kondisi medis seperti diabetes, ginjal atau pembuluh darah tepi, penyakit jenis ini disebut Lilir mudah menyebabkan terjadinya kram. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya