Kenali Gejala NPD, Gangguan Kepribadian yang Jarang Disadari

Ilustrasi gangguan kepribadian, gangguan mental
Sumber :
  • Pixabay/Maialisa

VIVA – Narcissistic personality disorder (NPD) merupakan satu dari beberapa gangguan kepribadian. Berbeda dengan gangguan kepribadian lainnya, orang terkadang tidak menyadari jika orang di dekat mereka menderita gangguan kepribadian ini.

10 Wanita Paling Dikagumi di Dunia, Ada yang Mengabdikan Hidupnya untuk Orang Tidak Mampu

NPD adalah kondisi mental di mana orang memiliki rasa meningkat untuk kepentingan mereka sendiri, kebutuhan mendalam untuk mendapat perhatian dan pengakuan yang berlebih, masalah dalam hubungan, dan kurang empati pada orang lain.

Tapi di balik topeng rasa percaya diri berlebih tersebut tersembunyi rasa percaya diri yang rapuh yang rentan terhadap kritikan ringan. NPD menyebabkan masalah dalam banyak hal kehidupan, seperti hubungan dengan pasangan, kantor, sekolah atau keuangan. Orang dengan gangguan kepribadian ini mungkin tak bahagia dan kecewa ketika mereka diberikan kemurahan hati atau kekaguman yang mereka percaya mereka berhak atas itu. Mereka bisa menemukan hubungan tak bisa memenuhi harapan, dan orang mungkin tidak senang di sekitar mereka.

Beli Parfum Online? Begini Cara Pilih Wanginya Biar Gak Zonk

Dilansir Mayo Clinic, jika memiliki beberapa kenalan atau sahabat bahkan pasangan dengan gambaran di atas, coba cocokkan kembali dengan gejala-gejala berikut ini.

Merasa penting, percaya mereka superior dan hanya bisa dikaitkan dengan orang-orang yang setara dengan mereka, memonopoli percakapan dan meremehkan orang lain, mengharap perlakuan khusus dan orang lain harus patuh atas keinginan mereka, memanfaatkan orang untuk mendapat yang mereka inginkan, tidak mampu dan tidak ingin mengetahui apa yang dibutuhkan dan perasaan orang lain, berperilaku arogan, angkuh, melewati batas, sombong, sok tampan atau cantik.

4 Zodiak Paling Berkelas, Apakah Kamu Termasuk?

Di saat bersamaan, orang dengan NPD memiliki masalah untuk mengatasi apapun yang mereka anggap sebagai kritik, dan mereka bisa melakukan hal seperti tidak sabar atau marah ketika tidak mendapat perlakuan khusus. Orang dengan NPD biasanya juga punya masalah dengan pasangan dan mudah merasa diremehkan, bereaksi dengan marah atau menghina dan coba meremehkan orang lain untuk membuat diri mereka terlihat superior, memiliki kesulitan mengatur emosi dan perilaku, mengalami masalah untuk berdamai dengan stres dan adaptasi pada perubahan.

Tak jarang pula, mereka dengan NPD merasa depresi dan moody karena kesempurnaan mereka, memiliki perasaan rahasia seperti malu, tak aman, rentan, hina.

Penyebab NPD sendiri tidak diketahui tepatnya, karena penyebabnya lebih kompleks dibanding gangguan kepribadian lainnya. Namun biasanya seseorang dengan NPD dikaitkan dengan masalah lingkungan seperti tak cocok dalam hubungan orangtua dan anak, seperti terlalu banyak mendapat kritik atau pujian, kemudian faktor genetik,dan neurobiologi yaitu hubungan antara otak dan perilaku serta cara berpikir. Penderita NPD lebih banyak dialami pria dibanding wanita, dan biasa terjadi di awal usia remaja atau awal dewasa. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya