Mengenal Diabetes Retinopati, Penyebab Meninggalnya Mus Mulyadi

Musisi Mul Mulyadi.
Sumber :
  • instagram @onie.fm

VIVA – Kabar duka datang dari industri musik Indonesia. Legenda musik keroncong, Mus Mulyadi dikabarkan meninggal dunia. Kabar itu pertama disampaikan salah satu anak Mus, Erick, melalui postingan di akun Instagramnya.
 
"Selamat jalan Papa, papa udah ga sakit lagi... maafin aku yang belum bisa membahagiakan papa. Papa sudah bersama Bapa di surga. Amin," tulis Erick. 

RIP Buaya Keroncong Indonesia
Keliling Dunia Bareng, Memori Terindah Mus Mujiono dengan Mus Mulyadi

Dari penelusuran VIVA, diketahui bahwa sejak dua tahun lalu Mus harus berjuang dengan penyakit diabetes yang dideritanya. Bahkan, penyakit itu membuat Mus kehilangan pengelihatannya pada 2019 lalu. Seperti dilansir dari Mayo Clinic, penyakit yang diderita Mus dikenal dengan nama diabetes retinopati. 

Penyakit ini merupakan komplikasi diabetes yang memengaruhi mata. Ini disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah jaringan peka cahaya di belakang mata (retina).

Kata Istri, Mus Mulyadi Tak Pernah Marah

Diabetes retinopati, disebabkan karena, tingginya kadar gula dalam darah yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah kecil. Fungsi utama pembuluh darah kecil ini menyokong kesehatan retina, jika terjadi penyumbatan maka hal itu akan memotong suplai darah ke mata. 

Akibatnya, mata berusaha menumbuhkan pembuluh darah baru. Tetapi pembuluh darah baru ini tidak berkembang dengan baik dan dapat bocor dengan mudah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kebutaan pada mata.

Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja yang menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. Semakin lama seorang menderita diabetes dan semakin tidak terkontrolnya gula darah, maka semakin besar kemungkinan orang itu mengalami komplikasi mata ini. (ldp)

Ilustrasi bubble drink/bubble tea/minuman bubble.

Ngikutin Tren Makanan Viral, Wanita Ini Kena Diabetes dan Nyaris Buta

Ia kena diabetes dan tekanan darah tinggi di usia 19 tahun.

img_title
VIVA.co.id
6 November 2019