Wali Kota Risma Dirawat 10 Dokter Spesialis, Jangan Sepelekan Maag

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Baru-baru ini Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani dikabarkan kembali dirawat RSUD dr. Soetomo Surabaya, akibat mengidap maag dan asma. Meski terdengar bukan penyakit serius namun nyatanya Risma harus didampingi oleh 10 dokter spesialis ditambah 15 dokter subspesialis.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Belasan dokter ini disiagakan untuk superintensif menangani Risma. Juru bicara RSUD dr. Soetomo, dr. Pesta Parulian dalam konferensi persnya mengatakan bahwa Risma dipindah dari RSUD dr. Soewandhie ke RSUD dr. Soetomo. Tujuannya agar lebih banyak dokter yang bisa segera menangani dan bisa lebih mudah melakukan observasi selama 24 jam.

Gejala yang dialami Risma terkait asma dijabarkan Pesta bahwa serangannya memiliki Gradasi. Selain itu, Risma juga mengeluhkan nyeri lambung.

5 Tips Diet untuk Penderita Maag, GERD, dan Asam Lambung

Plt RSUD dr Soewandhie, Febria Rachmanita, menjelaskan bahwa sebelumnya kesehatan Risma menurun karena terlalu lelah. 

"Ibu kecapekan kemudian maagnya kambuh sehingga menyebabkan sebah," katanya kepada wartawan beberapa waktu lalu. 

Mitos atau Fakta Konsumsi Obat Lambung Saat Sahur Bikin Puasa Lancar Tanpa Lapar

Menilik dari kondisi yang dihadapi Risma, banyak yang mempertanyakan apakah penyakit maag bisa sedemikian parah?

Dilansir laman Web MD, maag umumnya terjadi ketika asam lambung  menghilangkan lapisan lendir pelindung saluran pencernaan. Seorang yang mengalaminya mungkin tidak memiliki gejala, atau mungkin merasa tidak nyaman dan terasa terbakar.

Dalam beberapa kasus maag kronis bahkan menyebabkan perdarahan internal, yang kadang-kadang bisa akan membutuhkan transfusi darah di rumah sakit. Secara umum ada dua penyebab utama yakni bakteri yang disebut Helicobacter pylori (H. pylori), bakteri yang sebetulnya dimiliki oleh banyak orang. 

Kebanyakan orang yang terinfeksi H. pylori tidak mengalami maag. Tetapi pada orang lain, itu dapat meningkatkan jumlah asam, menghancurkan lapisan lendir pelindung, dan mengiritasi saluran pencernaan. 

Para ahli tidak yakin bagaimana infeksi H. pylori menyebar. Mereka pikir itu mungkin berpindah dari satu orang ke orang lain melalui kontak dekat, seperti berciuman. Tetapi seorang juga bisa mendapatkannya dari makanan dan air yang tidak bersih.  

Hal ini juga kerap disebabkan penghilang rasa sakit tertentu. Jika seorang sudah sering menggunakan aspirin untuk waktu yang lama, ia kemungkinan besar akan terkena tukak lambung. Hal yang sama berlaku untuk obat antiinflamasi nonsteroid lainnya (NSAID). 

NSAID menghalangi tubuh membuat bahan kimia yang membantu melindungi dinding bagian dalam perut Anda dan usus kecil dari asam lambung. Merokok dan minum alkohol juga bisa membuat seorang lebih mungkin terkena maag. Tetapi stres dan makan banyak makanan pedas tidak menyebabkan maag, seperti yang pernah dipikirkan para ahli. 

Seorang yang mengalami penyakit ini kemungkinan besar akan merasakan sakit yang membakar atau ketidaknyamanan antara pusar dan tulang dada. Rasa sakit ini sering muncul antara waktu makan atau di malam hari. 

Rasa sakit mungkin berhenti sebentar jika seorang makan atau minum antasid, tetapi kemudian kembali. Rasa sakit dapat berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam, dan dapat datang dan pergi selama beberapa hari atau minggu.

Gejala lain mungkin termasuk, perasaan kembung, bersendawa, kurang nafsu makan atau penurunan berat badan, mual dan muntah. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya