Jangan Lakukan Lagi, BAB Sambil Main HP Bisa Kena Wasir

Ilustrasi main ponsel di toilet.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Handphone atau smartphone sudah menjadi barang wajib buat masyarakat saat ini. Jadi, enggak heran kalau hampir semua orang ke selalu membawa HP kemana pun pergi.

Wasir atau Ambien Menghambat Ibadah di Bulan Puasa? Ini Jawabannya

Bahkan enggak sedikit yang memilih lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP. Masuk akal memang, karena sekarang apapun bisa dilakukan menggunakan HP termasuk untuk transaksi di berbagai tempat.

Saking pentingnya HP, kita bahkan sering membawanya sampai ke toilet. Kebiasaan itu juga sudah menjadi hal umum bagi sebagian besar orang.

Penggunaan Laser dan Radiofrekuensi dalam Terapi Wasir Dapat Pengakuan

Baca juga: 8 Upaya Lindungi Diri dari Bencana Asap

Kalau kamu termasuk yang punya kebiasaan ini, sebaiknya segera dihentikan. Karena, kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Dokter secara khusus memperingatkan bahwa membawa HP ke toilet ternyata bisa berisiko membuat kamu terkena wasir atau ambeien. 

Wasir Mengganggu? Segera Atasi dengan Penanganan yang Tepat

Mengapa demikian? Wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah di anus. Penyebab munculnya pun beragam, salah satunya adanya tekanan berlebihan pada pembuluh darah di anus.

Mulai dari kebiasaan duduk terlalu lama, mengejan terlalu keras karena sering sembelit, dan kebiasaan main HP saat BAB sama-sama berisiko membuat kamu terkena wasir.

Saat bermain ponsel, kamu jadi lebih betah duduk atau jongkok lama di toilet. Jika sering dilakukan, kebiasaan ini akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah sekitar anus. Aliran darah tidak akan mengalir dengan lancar.

Dr Sarah Jarvis, GP dan Direktur Klinis patient.info kepada The Sun mengatakan bahwa sembelit atau kesulitan buang air besar adalah faktor risiko utama untuk tumpukan kotoran, hingga batuk kronis.

"Jika di masa lalu, beberapa dari kami membawa buku ke toilet, hari ini orang lebih cenderung membawa ponsel ke toilet,” kata dia seperti dikutip laman Mirror

Dr Jarvis juga menyarankan bahwa, untuk membantu menghindari sembelit, kamu harus menambahkan banyak serat ke dalam makanan. Selain itu, pastikan untuk minum cairan yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

Selain itu, lebih baik meninggalkan ponsel di ruangan lain saat kamu merasakan keinginan untuk pergi ke toilet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya