Ternyata Kalau Remaja Minum Pil KB Bisa Depresi

Pil Kontrasepsi
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa W

VIVA – Penggunaan pil kontrasepsi atau pil KB selama ini dipercaya efektif untuk mengurangi risiko kehamilan yang tidak diinginkan. Namun, hal itu bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi oleh gadis remaja. 

Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

Menurut sebuah studi baru, anak perempuan berusia 16 tahun yang menggunakan kontrasepsi oral melaporkan menghadapi masalah seperti lebih sering menangis, dan masalah makan serta tidur dibanding remaja lainnya pada usia yang sama yang tidak menggunakan kontrasepsi oral.

Pil KB pertama kali tersedia secara luas pada tahun 1960.  Sejak awal, para peneliti telah mencoba untuk mencari tahu efek pil pada suasana hati wanita.

Muncul Flek Hitam di Wajah karena Pil KB, Lebih Baik Berhenti atau Diteruskan?

Baca juga: Manfaat Pil KB, Bisa Kurangi Risiko Kanker  

“Penelitian kami adalah studi pertama dari skala ini untuk menyelam jauh ke dalam gejala suasana hati yang lebih halus yang terjadi jauh lebih umum daripada episode depresi tetapi berdampak pada kualitas hidup dan mengkhawatirkan anak gadis, perempuan dan keluarga mereka,” kata rekan penulis Hadine Joffe, MD, wakil ketua penelitian untuk Departemen Psikiatri Brigham and Women's Hospital, dalam sebuah pernyataan yang dikutip laman New York Post.

Hari Kontrasepsi Sedunia, Masih Banyak Misinformasi Soal Penggunaannya

Para peneliti di Rumah Sakit Brigham dan Wanita, Pusat Medis Universitas Groningen (UMCG) dan Pusat Medis Universitas Leiden mengikuti 1010 wanita remaja berusia 16 hingga 25 tahun selama sembilan tahun untuk penelitian. Penelitian ini diterbitkan di JAMA Psychiatry pada 2 Oktober.

Para wanita mengisi survei setiap tiga tahun, menjawab pertanyaan tentang menangis, makan, tidur, melukai diri sendiri, ide bunuh diri, perasaan tidak berharga dan rasa bersalah, energi, kesedihan dan kurangnya kesenangan.  
Tanggapan mereka menghasilkan skor keparahan gejala depresi.  

Meskipun anak berusia 16 tahun ditemukan memiliki risiko lebih besar untuk gejala depresi, penelitian ini tidak menemukan gejala depresi secara keseluruhan pada wanita usia 16-25.

Gejala depresi, seperti menangis, masalah tidur dan makan, bisa lebih halus daripada yang didiagnosis sebagai depresi klinis, kata penelitian ini. Tetapi dengan mensurvei lebih dari 1.000 wanita dari waktu ke waktu, para peneliti dapat mengumpulkan data tentang gejala subklinis tersebut.

“Kebanyakan wanita pertama kali minum pil kontrasepsi oral saat remaja. Remaja memiliki banyak masalah emosional yang menantang untuk diatasi sehingga sangat penting untuk memantau bagaimana keadaan mereka," kata Anouk de Wit, MD, penulis dari Departemen Brigham di Departemen Kesehatan Psikiatri. 

Psikiater Veerle Bergink, Direktur Program Kesehatan Mental Wanita di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, setuju wanita harus dimonitor untuk suasana hati mereka ketika mengambil pil tetapi mengatakan itu bekerja dua arah.

"Wanita dapat merasa lebih baik dengan menggunakan kontrasepsi oral, tetapi untuk wanita yang lebih rentan terhadap depresi, dia mungkin memiliki gejala depresi lebih," kata Bergink kepada The Post.

 Namun, ia menambahkan, “Saya berharap penelitian ini akan mengarah pada pemantauan hati-hati terhadap gejala mood.  Tetapi, saya juga berharap kontrasepsi tetap tersedia bagi remaja yang membutuhkan atau memintanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya