Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.
Sumber :
  • Pixabay/Anqa

VIVA Lifestyle  – Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang umum digunakan pasangan untuk mencegah terjadinya kehamilan tak diinginkan. Selain itu, kondom juga memiliki fungsi lainnya sebagai alat pengaman untuk mencegah terjadinya penularan penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) hingga HIV

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Namun sayangnya, kondom ini jarang digunakan oleh pria dengan alasan adanya rasa mengganjal sehingga membuat hubungan seks dengan pasangan menjadi kurang menyenangkan. 

“8 dari 10 pria tidak pakai kondom salah satu alasannya lantaran tidak enak. Padahal kondom merupakan alat kesehatan yang paling efektif untuk mencegah IMS dan HIV hingga 95 persen,” kata Head of Marketing DKT Indonesia, Cut Vellayati, dalam acara Xplorasi Mesra Sutra di Lotte S. Avenue Jakarta Selatan, Selasa 20 Februari 2024.

Dokter Boyke Ungkap Gaya Bercinta Ini Nikmat Tapi 100 Kali Berisiko Tularkan HIV/AIDS

Ilustrasi kondom.

Photo :
  • Pixabay

Lebih lanjut, diungkap oleh Cut Vellayati penggunaan kondom yang tepat sehingga menghindari terjadinya kehamilan atau penularan penyakit seks menular adalah dengan perhatikan pemakaiannya jangan sampai terbalik.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Selain itu,dia juga mengungkap masyarakat juga harus sering menggunakan kondom. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Dengan tujuan agar terbiasa sehingga tidak ada perasaan kurang nyaman saat berhubungan seks menggunakan kondom tersebut. 

"Memakai kondom itu dengan benar triknya jangan sampai kebalik, pastikan ujungnya dipencet dulu. Cuman memang harus digunakan rutin supaya paham biar gak kagok, kekagokan itu yang bikin serasa ada interupsi,” jelasnya.

Ilustrasi kondom.

Photo :
  • dok. pixabay

Dia juga menjelaskan bahwa ketika menggunakan kondom juga perlu berhati-hati saat membuka kemasan kondom.

Untuk membuka bungkus kondom sendiri kata dia, tidak boleh menggunakan gigi atau mulut. Sebab bisa berisiko kondom tersebut menjadi sobek sehingga kemungkinan yang tidak diinginkan bisa terjadi.

"Membukanya harus hati-hati tidak boleh pakai gigi, bisa robek,” kata dia.

Lalu untuk penggunaannya perhatikan ujung kondom sebelum dibuka. Kemudian pencet bagian luar kondom lalu rol kondom ke arah bawah.

"Kemudian menggunakan kondom harus liat mana yang atas mana yang bawah,setelah tau gulungannya di luar pencet dulu ujungnya baru dirol ke bawah,” sambungnya.

Dia juga menjelaskan menggunakan kondom juga harus saat pria sedang mengalami ereksi maksimal. Hal ini untuk mencegah terjadinya kondom lepas saat berhubungan intim sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Digunakan harus saat ereksi maksimal karena belum maksimal tidak bisa dipakai, harus seperti mentimun. Ketika sudah seperti pisang atau mentimun, jangan pas awal. Jadi ketika sudah betul fungsinya akan efektif sebagai perlindungan. Kondom tidak posis tidak lekat, bisa gampang lekat, ga bisa pas posisi. Pakainya saat ereksi sebelum ejakulasi,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya