Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Ilustrasi garam epsom.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA LIfestyle – Makanan asin tidak kalah menggugah selera dari pada makanan manis. Biasanya, para pecinta makanan asin bahkan menambahkan garam di dalam makanan yang sudah dihidangkan untuk membuatnya lebih sesuai dengan selera. Tetapi, ada efek samping dari konsumsi garam yang berlebihan pada urusan ranjang.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Makan terlalu banyak garam diketahui dapat merusak kehidupan seks. Jadi, mengurangi asupan garam dalam makanan mungkin bisa menjadi cara rahasia untuk meningkatkan sesi panas di kamar tidur bersama pasangan. Scroll untuk tahu info lengkapnya, yuk!

Melansir dari Health Shots, dokter kandungan dan ginekolog, Dr Astha Dayal mengungkapkan alasan mengapa konsumsi banyak garam bisa berdampak buruk pada urusan seks.

Biar Rendang, Opor dan Sayur Ketupatnya Gak Basi, Perhatikan Cara Pengolahan Santannya

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa makan terlalu banyak garam dapat mengganggu fungsi ereksi. Penelitian lain juga menemukan hubungan antara asupan tinggi garam dan disfungsi seksual. Berikut 3 efek samping konsumsi garam berlebih dalam asupan sehari-hari.

Ilustrasi hipertensi.

Photo :
  • Pixabay/frolicsomepl
Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

1. Tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan di pembuluh darah terlalu tinggi. Asupan garam yang berlebihan dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, yang pada akhirnya dapat menurunkan aliran darah ke berbagai organ, termasuk yang terlibat dalam fungsi seksual.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Vascular Health and Risk Management menemukan bahwa hipertensi dapat menyebabkan masalah ereksi pada pria dan kekeringan pada vagina serta penurunan hasrat seksual pada wanita.

2. Kekakuan arteri

Kekakuan arteri terjadi ketika pembuluh darah sulit melebar atau berkontraksi sesuai kebutuhan. Pembuluh darah yang fleksibel diperlukan untuk aliran darah yang optimal, penting untuk gairah dan kinerja seksual. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Hypertension menemukan hubungan antara asupan garam yang tinggi dan bagaimana hal itu secara langsung atau tidak langsung meningkatkan risiko kekakuan arteri, yang dapat memengaruhi kehidupan seks seseorang.

3. Disfungsi endotel

Fungsi endotel yang sehat sangat penting untuk pelepasan oksida nitrat, suatu zat yang membantu pembuluh darah rileks dan meningkatkan aliran darah. Mengonsumsi garam berlebihan dapat merusak fungsi sel endotel, yang menyebabkan disfungsi endotel, demikian temuan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Penelitian lain yang dipublikasikan di Edothelium and Cardiovaskular Diseases juga menemukan bagaimana disfungsi endotel dapat memengaruhi kesehatan seksual seseorang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya