Stres Sebabkan Masalah Kulit, Atasi dengan 'Self Love'

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • Pixabay/Kjerstin_Michaela

VIVA – Kulit yang kusam dan berjerawat menjadi permasalahan yang paling sering dikeluhkan oleh banyak orang. Permasalahan pada kulit sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor baik itu eksternal maupun internal.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Dari faktor internal, salah satu yang bisa berperan besar dalam timbulnya jerawat atau masalah kulit lainnya yaitu stres. Pikiran yang terlalu banyak dan menjadi beban kemudian mengakibatkan stres.

Hal tersebut diungkapkan oleh Founder Skincare Lokal Skin Dewi, Dewi Kauw yang mengatakan bahwa tanpa sadar, pikiran yang terlalu banyak memicu permasalahan pada kulit. Terlebih, masalah yang timbul pada kulit sebenarnya adalah cara komunikasi tubuh untuk lebih diperhatikan.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

"Dari mindset kita, feeling kita, emotions, itu sebenarnya affect banget ke kulit kita. Apapun masalah di kulit kita, sebenarnya itu cara mengkomunikasikannya ke kita," ujar Dewi dalam temu media di kawasan Thamrin, Jakarta, belum lama ini.

Bicara mengenai beban pikiran, menurut Co-founder Soul Dewi, Felicia Maukar, sebenarnya ada saling keterkaitan antara fisik, pola pikir, dan emosi. Hal ini yang membuat tubuh harus mampu menyeimbangkannya jika menginginkan kulit yang bebas masalah.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

"Jika dikaji lebih dalam penyebab permasalahan jerawat datangnya darimana itu luas sekali, harus dilihat dari berbagai sisi, seperti sumber dari dalam atau luar. Perlu sekali edukasi konsep mencintai diri sendiri ini sejak dini. Ada pada dasarnya orang melakukan self love, karena semua saling berkaitan antara fisik, pola pikir, dan emosi," tutur Felicia yang juga seorang Psikolog.

Ketiga hal inilah yang akan ditarik untuk dilatih melalui berbagai workshop dan coaching interaktif, menginspirasi serta menyentuh individu dengan pendekatan holistik. Hal ini yang membuat Felicia akhirnya mewujudkan program Soul Dewi, program yang pada akhirnya terwujud sebagai suatu tindakan nyata dari mereka ketika mampu mencintai diri sendiri dengan lebih baik dan tanpa syarat. 

Adapun workshop yang diadakan Soul Dewi mencakup 3 season pada 15-17 November 2019 dengan materi Organic Skincare Formulation, pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB dengan biaya Rp15 juta dan memperoleh 10 modul. Pada 23 November, Class Natural Face and Body Wash pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB berbiaya Rp4 juta.

Terakhir, Desember Live Board Games yang mempelajari cara mengenali diri sendiri dengan biaya Rp2,5 juta. Semua workshop diadakan di kantor Skin Dewi, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya