Teknologi Terbaru: Operasi Penggantian Pinggul dengan Minimal Invasif

Operasi Penggantian Pinggul
Operasi Penggantian Pinggul
Sumber :
  • dokter.my

VIVA – Sebagai salah satu dokter spesialis ortopedi di Malaysia, Dr. Lee Woo Guan terus meningkatkan pelayanannya di berbagai aspek, salah satunya dengan menghadirkan teknologi terbaru, yaitu Operasi Penggantian Pinggul dengan Minimal Invasif (Minimal Invasive Hip Replacement).

Setiap pasien adalah pribadi yang unik dan dapat mengalami nyeri pinggul yang bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Salah satu penyebab umum  adalah  kondisi  degeneratif yang merusak tulang rawan dan sendi pada tulang pinggul. 

Rasa nyeri dari arthritis dan degenerasi sendi dapat terasa secara terus menerus atau dapat hilang timbul setelah gerakan dan istirahat, serta dapat dirasakan di satu titik ataupun di banyak bagian tubuh. Nyeri yang timbul mungkin terasa dari paha ke lutut atau dapat terpusat di pinggul saja.

Apabila konsumsi obat Anda sudah tidak efektif, Anda dapat melakukan operasi penggantian pinggul untuk menghilangkan nyeri akibat penyakit osteoarthritis. Sendi pinggul adalah sendi bola dan soket. Tulang dan sendi yang rusak dapat digantikan dengan tulang sendi buatan melalui implantasi.

Bila dokter Anda menyarankan operasi penggantian pinggul, maka Anda memiliki dua alternatif yakni Operasi Penggantian Pinggul dari Bagian Depan (Direct Anterior Approach) atau metode tradisional Penggantian Pinggul dari Punggung Belakang (Posterior Approach).

Pemilihan metode operasi tersebut mungkin terdengar sepele, namun untuk pasien, metode yang satu dengan metode lainnya mempunyai perbedaan yang cukup besar dalam hal kecepatan pemulihan dan risiko komplikasi.

Operasi Penggantian Pinggul dari Bagian Depan (Direct Anterior Approach) merupakan topik perbincangan terhangat para pakar ortopedik pinggul sejak lima tahun terakhir. Dengan menggunakan metode DAA, dokter akan melakukan operasi penggantian pinggul melalui sebuah celah yang dilakukan tanpa memotong otot pinggul agar pasien dapat pulih dengan cepat dan hanya perlu dirawat inap satu hingga dua hari saja di rumah sakit.

Manfaat terbesar dari metode ini adalah risiko dislokasi sendi sangat minimal jika dibandingkan dengan metode Posterior Approach (Punggung Belakang). Setelah operasi penggantian pinggul DAA, pasien dapat merasakan manfaat yang signifikan, mulai dari menghabiskan waktu rawat inap di rumah sakit lebih singkat, menggunakan alat bantu jalan lebih sebentar, dan mengonsumsi obat lebih sedikit, sehingga pasien dapat sembuh dan melakukan aktivitas sehari-hari lebih cepat.

Selain itu, masih ada lagi beberapa keunggulan dari metode operasi DAA yang digunakan pada operasi penggantian pinggul, antara lain seperti risiko kerusakan otot berkurang, posisi implan sendi dan tulang lebih akurat, sehingga dua kaki akan sama panjang. 

Dalam operasi penggantian pinggul dengan metode DAA, setelah pasien dianastesi agar tidak merasakan sakit, dokter ahli bedah akan membuat sayatan pada bagian paha sepanjang 3 – 4 inci pada bagian atas paha depan. Untuk pasien wanita, Bikini Incision boleh dilakukan.

Dokter ahli bedah tidak perlu melepas otot dari paha, sehingga pasien lebih cepat pulih karena otot masih menempel di tulang paha. Hal  ini berarti bahwa dokter tidak perlu memperbaiki atau menjahit kembali otot yang dilepaskan dan pasien tidak perlu menunggu lama agar otot tersebut pulih.

Dalam melakukan operasi DAA, dokter akan dibantu dengan fluoroskopi untuk posisi implan yang tepat. Dibandingkan dengan metode operasi Posterior Approach atau Lateral Approach (Operasi dari Samping), fluoroskopi lebih sulit dilakukan, sebab posisi  badan pasien dimiringkan sewaktu operasi. Karenanya, posisi implan soket lebih tepat dengan metode DAA dan mengurangi risiko kaki akan panjang-pendek.

Meski DAA merupakan operasi penggantian pinggul yang lebih baik, namun metode yang dilakukan cukup sulit karena memerlukan dokter yang berpengalaman dan latihan yang intensif agar operasi dapat berjalan sukses dengan menghindari risiko komplikasi patah tulang pinggul.

Salah satu dokter ortopedi yang berpengalaman melakukan operasi penggantian pinggul dengan teknik terbaru ini adalah Dr.  Lee Woo Guan dari Kuching Specialist Hospital, Malaysia. Bila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai metode DAA  untuk operasi penggantian pinggul, Anda dapat mengakses  website atau YouTube channel dokter.my.