Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

Ilustrasi Perawatan Kesehatan
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Indonesia, sebagai negara dengan keanekaragaman budaya dan tradisi yang kaya, juga memiliki tantangan besar dalam bidang kesehatan. Meskipun telah terjadi peningkatan dalam penyediaan layanan kesehatan di dalam negeri, banyak masyarakat Indonesia masih memilih untuk mencari pengobatan di luar negeri. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Fenomena ini tidak hanya mencerminkan kebutuhan individu akan perawatan kesehatan yang berkualitas, tetapi juga menimbulkan pertanyaan tentang faktor-faktor yang mendorong keputusan tersebut. Scroll lebih lanjut ya.

Pencarian pengobatan di luar negeri telah menjadi pilihan yang semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Alasan di balik keputusan ini sangat bervariasi, mulai dari akses terbatas terhadap perawatan kesehatan yang mutakhir hingga keinginan untuk mendapatkan diagnosis atau perawatan yang lebih tepat.

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Penyebab utamanya sering kali terkait dengan masalah seperti kurangnya infrastruktur kesehatan yang memadai, kurangnya kepercayaan terhadap sistem kesehatan lokal, atau bahkan keinginan untuk mencari opsi perawatan yang lebih eksklusif.

Klinik Blastula IVF Siloam Hospitals Lahirkan Program Bayi Tabung ke 300

Salah satu faktor utama yang mendorong masyarakat Indonesia untuk mencari pengobatan di luar negeri adalah kekurangan infrastruktur kesehatan yang memadai di dalam negeri. Meskipun telah ada upaya yang signifikan untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan, terutama di daerah pedesaan, masih banyak daerah yang terbatas dalam hal fasilitas medis dan tenaga medis yang terlatih. Hal ini sering kali membuat individu merasa lebih nyaman dan yakin untuk mencari perawatan di luar negeri, di mana mereka percaya akan mendapatkan standar perawatan yang lebih tinggi.

Ilustrasi Perawatan Kesehatan

Photo :
  • ist

Raffles Medical Group (RMG), sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan swasta terkemuka di kawasan Asia Tenggara, memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan ini. RMG menawarkan berbagai layanan mulai dari perawatan primer hingga tersier, serta asuransi kesehatan bagi warga di wilayah Asia. Dengan lebih dari 47 tahun pengalaman, Raffles Hospital Singapura, rumah sakit tersier unggulan RMG, telah membuktikan keahlian dan perawatan kesehatan yang dapat diandalkan bagi lebih dari 2 juta pasien setiap tahunnya, termasuk masyarakat Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga layanan kesehatan swasta di Singapura yang menerapkan model praktik kelompok, Raffles Hospital Singapura memungkinkan tim multidisiplinnya, terdiri dari dokter, perawat, profesional kesehatan, dan staf, untuk bekerja secara kolaboratif dalam memberikan perawatan yang berkualitas tinggi kepada semua pasien dengan kasih sayang dan keunggulan.

Pelayanan di Raffles Hospital Singapura dilengkapi dengan sistem rekam medis elektronik yang terintegrasi, pasien merasa tenang, karena dokter dan tim medis menyediakan rencana perawatan kesehatan berbasis tim dan dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Agnes Felicia selaku Marketing Executive Raffles Medika Indonesia melalui keterangannya.

“Dengan penekanan yang semakin besar kepada kesehatan preventif, RMG memberikan banyak informasi dan masukan kesehatan kepada pasiennya.  Hal ini dapat dilihat dari jasa vaksinasi hingga paket pemeriksaan kesehatan komprehensif yang melayani individu dari berbagai kelompok umur dan kondisi Kesehatan pasien yang berbeda-beda,” paparnya.

Raffles Hospital Singapura telah bekerja sama dengan OCBC di Indonesia untuk memberikan layanan kartu kredit dan debit bagi pemilik kartu kredit terpilih untuk pembayaran. Sekarang, pasien di Indonesia dapat memilih paket cicilan 0% dari 3 hingga 12 bulan, dan 18 bulan dengan minimal transaksi Rp20 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya