Ini Alasan Lapisi Dudukan Toilet Pakai Tisu Bukan Cara Hindari Kuman

Toilet Aquarium
Sumber :
  • Oditty Central

VIVA – Saat kita akan menggunakan toilet, terutama toilet umum, kebanyakan orang akan melapisi dudukan toilet dengan menggunakan tisu. Mereka berpikir, dudukan tersebut kotor dan mengandung banyak bakteri, apalagi toilet umum digunakan oleh banyak orang.

Gokil, Penampakan Desain Toilet SPBU di Sukabumi bak Hotel Bintang Lima: Mewah Banget

Tapi jangan salah, ternyata para ahli mengklaim bahwa praktik ini malah akan meningkatkan kemungkinan terkontaminasi bakteri dan kuman. Kenapa demikian? Apakah ini berarti kita tidak perlu menutupi dudukan toilet dengan tisu?

Ya, begitulah menurut para pakar. Ingin tahu alasannya? Dilansir dari Boldsky, berikut pembahasan mengapa kita tak perlu melapisi dudukan toilet dengan tisu.

Toilet Duduk Sebabkan Infeksi Saluran Kemih, Ini Kata Pakar

Fakta 1

Asumsi toilet penuh dengan kuman. Ini benar. Tapi, banyak orang yang tidak tahu bahwa dudukan toilet sudah dirancang sedemikian rupa untuk mencegah kuman. Permukaan toilet yang halus dan ujung-ujungnya yang dibuat melengkung, dirancang untuk mencegah kuman tetap di sana.

Terjatuh dari Toilet Beralas Bambu, Ibu Rumah Tangga Tewas

Fakta 2

Sebagian besar kuman yang ada di toilet mungkin tidak dapat berkembang biak atau tidak bisa berkembang biak dengan masuk ke kulit kamu.

Fakta 3

Manusia tidak akan sakit hanya karena toilet. Jika toilet umum terlalu kotor, hindari menggunakannya. Tisu toilet tidak akan menyelamatkan kamu, sebaliknya dapat meningkatkan kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Fakta 4

Kulit kita adalah penghalang pertama yang bertindak seperti dinding. Kulit kamu akan menolak jika dimasuki banyak kuman. Selain itu, jenis bakteri yang ada di toilet sudah ada di tubuh manusia.

Fakta 5

Banyak orang menganggap kalau toilet adalah tempat paling kotor. Padahal menurut hasil penelitian, dapur dan spons pencuci piring yang kamu gunakan, mengandung lebih banyak kuman dibanding toilet.

Fakta 6

Bakteri lebih banyak ditemukan di tisu toilet, dispenser, gagang pintu, dan pengering tangan.

Fakta 7

Permukaan tisu toilet akan menguntungkan bagi bakteri. Itulah sebabnya kamu tidak boleh menggunakannya untuk menyeka wajah, hidung atau bagian tubuh yang lain. Kuman bisa saja masuk ke tubuh kamu jika kamu melakukannya.

Fakta 8

Untuk menghindari kuman, cuci tangan kamu dengan air hangat dan sabun. Gosokkan satu sama lain selama setengah menit.

Fakta 9

Bawa tisu sendiri ketika menggunakan toilet umum. Jangan pernah menggunakan pengering tangan dan hindari memegang gagang pintu. Anda dapat menggunakan kaki untuk mendorong pintu dengan perlahan.

Fakta 10

Jangan lapisi dudukan toilet dengan tisu toilet. Sebagai alternatif, pilihlah toilet jongkok agar tubuh kamu tidak bersentuhan dengan toilet. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya