Toilet Duduk Sebabkan Infeksi Saluran Kemih, Ini Kata Pakar

Infeksi saluran kemih.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Jika Anda selalu takut saat menggunakan kamar mandi umum, Anda tidak perlu khawatir. Menyentuh tubuh Anda di dudukan toilet dapat membuat Anda takut terkena insfeksi saluran kemih (ISK). 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Ya, menggunakan kursi toilet memang menyebabkan infeksi saluran kemih, tetapi hanya duduk di kursi toilet tidak dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Faktanya dehidrasi dan menahan kencing adalah penyebab ISK yang lebih besar, demikian dikutip dari Times of India.

3 Cara seseorang dapat tertular ISK dari dudukan toilet

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

1. Infeksi terjadi saat menggunakan toilet umum yang tidak dirawat dengan baik.

2. Ketika seseorang menggunakan tisu toilet untuk membersihkan dirinya dari daerah anus hingga saluran kencing.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

3. Kontak dengan urin orang yang terinfeksi.

Inkontinensia stres dan ISK

Jika seseorang mengalami dribbling urin atau inkontinensia stres, maka dalam kasus seperti itu, banyak tetes urin dapat jatuh ke dudukan toilet. Seseorang yang menggunakannya segera, dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. 

Ini dapat terjadi jika Anda menyentuh tangan yang terkontaminasi pada vagina. Jika kekebalan orang tersebut rendah, atau mereka rentan terhadap infeksi, kemungkinan tertular ISK lebih tinggi.

Dapatkah menggunakan toilet dapat meningkatkan risiko ISK?

“Seringnya penggunaan toilet barat lebih berisiko dalam hal infeksi ISK. Risiko dapat meningkat jika Anda tidak membersihkan tangan dengan benar. Sepotong kecil kertas tisu yang tertinggal di vagina juga dapat meningkatkan risiko," kata Dr. Maya Modi, Obs, Gynaec, Penulis buku terlaris global, Reverse You Age. 

Menurut sebuah penelitian, infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada wanita yang menggunakan toilet barat 78,2%, dibandingkan dengan penggunaan toilet India. Lebih banyak kekambuhan infeksi ditemukan pada wanita yang menggunakan toilet barat.

Penyebab ISK

ISK dapat menyebabkan risiko pielonefritis, sistitis atau uretritis. Ini dapat menyebabkan kelahiran prematur. Secara tidak langsung dapat mempengaruhi janin. Ini dapat terjadi jika tidak didiagnosis atau diobati. Wanita lebih terpengaruh daripada pria. Ini karena perbedaan anatomi. Uretra pada wanita lebih pendek daripada pria.

Yang harus dilakukan

Bersihkan dudukan toilet umum sebelum buang air kecil. Bersihkan bagian-bagian pribadi dari depan, dan bukan dari belakang ke depan. Cuci tangan dengan bersih setelah buang air kecil. 

Seseorang harus duduk dengan benar di dudukan toilet, agar tidak meninggalkan sisa urin. Berikan waktu yang cukup untuk mengosongkan kandung kemih Anda. Seseorang selalu aman dari ISK, jika kebersihannya dijaga dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya