Tips Jitu Biar Gak Mabuk Darat saat Lewat Tol Japek

Tol Layang Japek Bergelombang
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated pada Kamis, 12 Desember 2019. Ternyata, jalan tol tersebut menjadi ramai karena postur bangunannya yang bergelombang.

RS Polri Ungkap Kondisi Terkini 11 Jasad Kecelakaan Maut KM 58 Tol Japek

Salah satu pengendara mobil, Noldy mengaku kecewa dengan infrastruktur Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Sebab, kondisi jalannya bergelombang membuat orang menjadi pusing dan mual.

Mual dan pusing yang terasa saat sedang berada di mobil biasa disebut dengan mabuk darat. Kondisi tersebut biasa terjadi saat ada ketidakseimbangan di dalam area telinga dalam yang menyebabkan mabuk. Mereka yang rentan terhadap mabuk darat antara lain anak usia 2 sampai 12 tahun, ibu hamil, dan orang dengan kondisi migrain.

2 Jenazah Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Bakal Diserahkan ke Keluarga

Dilansir dari laman Medicinenet, Senin 23 Desember 2019, berikut beberapa cara mengantisipasi mabuk darat yang terjadi akibat jalanan bergelombang di tol Jakarta-Cikampek.

Perhatikan asupan

GranMax Kecelakaan Maut KM 58 Melaju 100 KM/Jam, Tidak Ngerem dan Lebihi Kapasitas Penumpang

Hindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol atau membuat tubuh terasa kembung. Makanan bersifat pedas dan kaya akan lemak bisa memicu mabuk darat.

Selain itu, hindari makanan dengan aroma tajam. Sebab, makanan beraroma tajam lebih rentan memicu mual.

Duduk dengan tepat

Hindari duduk dengan membelakangi arah perjalanan. Kalau bisa, pilih tempat duduk di bagian depan kursi mobil. Hindari juga membaca buku atau tulisan apapun yang terlalu panjang di saat sedang berkendara.

Cari udara segar

Saat di dalam mobil, angin dari air conditioner membuat udara terasa pengap. Untuk itu, coba untuk mencari udara segar dengan membuka jendela jika memungkinkan.

Obat pencegah mabuk darat

Obat-obatan yang klaim bisa mengatasi mabuk darat, dapat sangat efektif dalam mencegah kondisi tersebut saat perjalanan jangka pendek atau mabuk darat ringan. Tetapi, jika perjalanan dalam jangka panjang atau mabuk darat berlebihan, bisa mencoba konsultasi ke dokter untuk obat-obatan yang lebih efektif.

Kencan Singkat Nyobain Jalan Tol Layang Japek, Aman tapi Tak Nyaman

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya