Flu Wuhan-Virus Corona Disebut Bisa Menular dari Manusia ke Manusia

ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Viva.co.id/Lutfi

VIVA – Perkembangan virus flu Wuhan yang mewabah di China terus terjadi. Baru-baru ini pemerintah China mengonfimasi bahwa virus coronavirus dapat menular dari manusia ke manusia telah dikonfirmasi pemerintah China. Hal ini memicu kekhawatiran akan merebaknya virus seperti SARS ketika jutaan orang bepergian untuk liburan Tahun Baru Imlek.

Kepala Komisi Kesehatan Nasional,  Zhong Nanshan, mengatakan pada hari Senin pasien mungkin telah tertular virus baru tanpa mengunjungi kota pusat Wuhan di mana ia ditemukan sebelum menyebar ke seluruh Cina dan mencapai tiga negara Asia lainnya.

"Saat ini, dapat dikatakan itu benar bahwa ada fenomena penularan dari manusia ke manusia," katanya dalam sebuah wawancara dengan penyiar negara CCTV Cina.

Zhong mengatakan dua orang di provinsi Guangdong di Cina selatan menderita penyakit ini dari anggota keluarga yang telah mengunjungi Wuhan. Dia menambahkan bahwa 14 tenaga medis yang membantu pasien coronavirus juga telah terinfeksi. Penularan dari manusia ke manusia dapat membuat virus menyebar lebih cepat dan luas.

Strain virus korona baru telah menyebabkan alarm karena hubungannya dengan Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS), yang menewaskan hampir 650 orang di seluruh daratan Cina dan Hong Kong pada 2002-2003. Jumlah total orang yang didiagnosis dengan jenis virus terbaru naik menjadi 218, menurut CCTV.

Korea Selatan pada hari Senin melaporkan kasus pertamanya - seorang wanita 35 tahun yang terbang dari Wuhan. Thailand dan Jepang sebelumnya mengkonfirmasi total tiga kasus - semuanya telah mengunjungi kota Cina.

Sementara itu, orang ketiga meninggal di Wuhan, menurut komisi kesehatan setempat. Para ahli percaya epidemi "Masih dapat dikendalikan", Komisi Kesehatan Nasional mengatakan pada hari Minggu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kasus-kasus baru di China adalah hasil dari "peningkatan pencarian dan pengujian (virus) di antara orang yang sakit dengan penyakit pernapasan".

Pihak berwenang Wuhan mengatakan mereka telah memasang termometer inframerah di bandara, dan stasiun kereta api dan pelatih di seluruh kota. Penumpang yang demam sedang didaftarkan, diberi masker dan dibawa ke institusi medis.
 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023
Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023