Nular dari Manusia ke Manusia, Ini Tips Jauh dari Virus Flu Wuhan

Ilustrasi influenza/flu/bersin/pilek.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pemerintah China baru-baru ini mengonfimasikan bahwa virus coronavirus dapat menular dari manusia ke manusia. Hal ini memicu kekhawatiran akan merebaknya virus seperti SARS. 

Kepala Komisi Kesehatan Nasional,  Zhong Nanshan mengatakan, pasien mungkin telah tertular virus baru tanpa mengunjungi kota pusat Wuhan di mana ia ditemukan sebelum menyebar ke seluruh China dan mencapai tiga negara Asia lainnya.

"Saat ini, dapat dikatakan itu benar bahwa ada fenomena penularan dari manusia ke manusia," katanya dalam sebuah wawancara dengan penyiar CCTV China.

Banyak orang juga khawatir ketika tinggal satu rumah dengan orang yang menderita flu Wuhan. Tapi sebetulnya ada beberapa cara pencegahan yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari risiko tertular virus tersebut.

Seperti dilansir dari CDC,  hal yang pertama mesti dilakukan ialah memastikan kamu mengerti dan dapat membantu orang tersebut mengikuti instruksi penyedia layanan kesehatan untuk pengobatan dan perawatan. Kamu harus membantu orang dengan kebutuhan dasar di rumah dan memberikan dukungan untuk mendapatkan bahan makanan, resep, dan kebutuhan pribadi lainnya.

Wanita Paruh Baya Ini Lakukan Operasi Plastik Jadi Muda untuk Kelabui Polisi

Jika ada orang yang terkena corona virus, anggota rumah tangga lain harus tinggal di rumah atau tempat tinggal lain. Jika ini tidak memungkinkan, mereka harus tinggal di ruangan lain, atau dipisahkan dari orang itu sebanyak mungkin. Selain itu, gunakan kamar mandi terpisah, jika tersedia.

Batasi pengunjung yang tidak memiliki kebutuhan penting untuk berada di rumah. Jauhkan orang lanjut usia dan mereka yang membahayakan sistem kekebalan atau kondisi kesehatan kronis dari orang tersebut. Ini termasuk orang dengan penyakit jantung, paru-paru atau ginjal kronis, dan diabetes.

Ilmuwan China Beberkan Fakta Mengerikan COVID-19, Senjata Biologis Pemerintahan Xi Jinping

Pastikan bahwa ruang bersama di rumah memiliki aliran udara yang baik, seperti AC atau jendela yang terbuka, jika cuaca memungkinkan. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. kamu dapat menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia dan jika tangan tidak terlihat kotor. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci.

Kenakan masker wajah, penutup badan, dan sarung tangan sekali pakai saat menyentuh atau menyentuh darah, cairan tubuh, dan atau cairan orang tersebut, seperti keringat, air liur, dahak, lendir hidung, muntah, urine, atau diare. Buang masker wajah, dan sarung tangan sekali pakai setelah menggunakannya. Jangan digunakan kembali.

US Intelligence Finds No Evidence of Coronavirus Lab Leak from Wuhan

Segera cuci tangan setelah melepas masker muka, dan sarung tangan. Hindari berbagi barang-barang rumah tangga. Kamu tidak boleh berbagi piring, gelas minum, gelas, peralatan makan, handuk, tempat tidur, atau barang-barang lainnya dengan seseorang yang dipastikan memiliki, atau sedang dievaluasi untuk infeksi 2019-nCoV. 

Para warga menggunakan masker di Beijing, China.

Ini Alasan Mengapa Kasus Virus COVID-19 Melonjak Tinggi di Singapura Hingga 22 Ribu Kasus

Pada minggu 19-25 November, perkiraan jumlah infeksi Covid-19 lokal di Singapura meningkat dua kali lipat menjadi 22.094 dari 10.726 pada minggu sebelumnya, kata Kemenkes

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023