Badan Intelijen AS: Tak Ada Bukti Bahwa COVID-19 Berasal dari Kebocoran Lab di Wuhan

Laboratorium Wuhan.
Sumber :
  • YouTube

Amerika Serikat – Badan-badan intelijen AS tidak menemukan bukti langsung bahwa pandemi COVID-19 berasal dari sebuah insiden di Institut Virologi Wuhan China, menurut sebuah laporan pada Jumat 23 Juni 2023.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Laporan empat halaman oleh kantor direktur intelijen nasional (ODNI) mengatakan komunitas intelijen AS masih tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa virus itu berasal dari laboratorium, dan belum dapat menemukan asal-usul pandemi.

“CIA dan badan lain tetap tidak dapat menentukan asal muasal pandemi COVID-19 secara tepat, karena hipotesis (alami dan laboratorium) bergantung pada asumsi yang signifikan atau menghadapi tantangan dengan pelaporan yang bertentangan,” kata laporan ODNI, melansir The Guardian.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ilustrasi vaksin COVID-19

Photo :
  • Pixabay/Elchinator

Laporan tersebut mengatakan bahwa sementara "pekerjaan ekstensif" telah dilakukan pada virus corona di Institut Wuhan (WIV), agensi tersebut belum menemukan bukti insiden spesifik yang dapat menyebabkan wabah tersebut.

Polda Metro Jaya Dalami Soal Laporan Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert

“Kami terus tidak memiliki indikasi bahwa kepemilikan penelitian pra-pandemi WIV termasuk SARS-CoV-2 atau nenek moyang dekat, atau bukti langsung bahwa insiden terkait penelitian tertentu terjadi yang melibatkan personel WIV sebelum pandemi yang dapat menyebabkan Covid. pandemi,” kata laporan itu.

Pejabat intelijen telah didorong oleh anggota parlemen untuk merilis lebih banyak materi tentang asal-usul COVID-19. Tetapi mereka telah berulang kali berargumen bahwa penghalangan resmi China terhadap tinjauan independen telah membuat mungkin tidak mungkin untuk menentukan bagaimana pandemi dimulai.

Laporan terbaru kemungkinan akan membuat marah Partai Republik yang mengatakan pemerintah salah menyembunyikan informasi rahasia, dan para peneliti yang menuduh AS tidak bersedia mengungkapkannya. Asal muasal pandemi virus corona telah menjadi bahan perdebatan sengit di AS hampir sejak kasus manusia pertama dilaporkan di Wuhan pada akhir 2019.

Apalagi, Joe Biden pada bulan Maret menandatangani undang-undang yang mendeklasifikasi informasi terkait asal-usul pandemi. Biden mengatakan pada saat penandatanganan bahwa dia berbagi tujuan Kongres untuk merilis informasi sebanyak mungkin tentang asal-usul COVID-19.

Perdebatan dipicu oleh laporan Wall Street Journal pada bulan Februari bahwa departemen energi AS telah menilai dengan "kepercayaan rendah" dalam laporan intelijen rahasia bahwa pandemi kemungkinan besar muncul dari kebocoran laboratorium China, yang mana dibantah oleh Beijing.

FBI.

Photo :
  • U-Report

Direktur FBI Christopher Wray mengatakan pada 28 Februari, agensinya telah menilai selama beberapa waktu bahwa asal mula pandemi adalah "kemungkinan besar potensi insiden laboratorium" di kota Wuhan di China.

Membela diri, China mengatakan klaim ini "tidak memiliki kredibilitas apa pun".

Hingga 20 Maret, empat lembaga AS lainnya masih menilai bahwa COVID-19 kemungkinan besar merupakan hasil dari penularan alami, sementara dua lainnya belum diputuskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya