Vladimir Putin Bersumpah akan Lakukan Pembalasan yang Lakukan Pemberontakan

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin
Sumber :
  • Youtube

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah akan melakukan pembalasan terhadap para pemimpin pemberontakan Kelompok Wagner saat ia menyampaikan pidato pertamanya setelah upaya kudeta.

Amerika Tiarap, Rusia Raup Untung Besar di Balik Perang Iran dan Israel

“Penyelenggara pemberontakan ini harus memahami bahwa mereka akan dibawa ke pengadilan,” kata Putin, dua hari setelah Kremlin mengklaim akan mengizinkan komandan pemberontak Wagner Yevgeny Prigozhin untuk menghindari tuntutan pidana, dan melarikan diri ke Belarus sebagai imbalan untuk menghentikan pemberontakannya. 

"Semua orang mengerti bahwa ini adalah aktivitas kriminal," kata diktator Rusia yang marah itu, melansir New York Post. 

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

VIVA Militer: Bos tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia, Yevgeny Prigozhin

Photo :
  • telegraph.co.uk

Pemberontakan Prigozhin dengan pasukan tentara bayarannya ke Moskow pada hari Sabtu adalah "ancaman besar" bagi negara itu, dan yang mengkhianati misi kelompok tentara bayaran, yang telah membantunya memerangi Ukraina, kata Putin.

Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

Tetapi Putin, yang masih bersimpati pada gerutuan Wagner, meyakinkan anggota tingkat rendahnya bahwa tawaran Kremlin bagi mereka untuk bergabung dengan Kementerian Pertahanan masih berlaku.

Jika tidak, mereka bebas pulang dan menggantung senjata mereka atau mencari perlindungan di sekutu tetangga Belarusia, klaimnya.

“Janji ini akan dipenuhi. Saya ulangi, itu adalah pilihan Anda masing-masing. Penyelenggara pemberontakan ini telah mengkhianati orang-orang yang diseret ke dalam organisasi ini.” ujar Putin.

Tetapi Putin mengatakan tawaran yang sama tidak akan diberikan kepada kepemimpinannya, dan bahwa Kremlin akan memikirkan tentang orang-orang yang benar-benar memutuskan untuk melakukan ini, untuk mengambil langkah ini, yang akan memiliki konsekuensi yang tragis dan menghancurkan bagi negara Rusia secara keseluruhan.

Dia memuji rakyat Rusia karena menunjukkan "solidaritas yang menunjukkan bahwa segala jenis pemerasan kepada negara pasti akan gagal." Dia mengatakan “pemberontakan adalah apa yang diinginkan pihak Kiev dan Barat, mereka ingin tentara Rusia saling membunuh,” ujarnya.

Pesan Putin tampaknya menjadi lonceng kematian bagi Grup Wagner, namun dia juga mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin tentara bayaran karena berhenti sebelum mencapai Moskow dan menghasut kekerasan.

“Saya ingin berterima kasih kepada para komandan dan prajurit Grup Wagner yang mengambil keputusan tepat untuk berhenti dan mundur serta mencegah pertumpahan darah,” katanya.

Tetapi bahkan sebelum pidato Putin, para ahli mengatakan Prigozhin sudah menjadi "orang mati yang berjalan".

Ian Bremmer, presiden perusahaan risiko geopolitik Grup Eurasia, mengatakan jelas bahwa Prigozhin akan dieksekusi atas percobaan kudeta yang telah ia lakukan.

Presiden Rusia Vladimir Putin.

Photo :
  • Kremlin Pool Photo via AP

“Putin telah memenjarakan dan membunuh orang jauh lebih sedikit daripada apa yang telah dilakukan Prigozhin padanya,” kata Bremmer kepada Squawk Box Asia dari CNBC. “Tidak terbayangkan bagi saya bahwa Putin akan membiarkannya hidup lebih lama dari yang diperlukan.”

Bremmer menyebut Prigozhin sebagai “orang mati berjalan” seperti yang ditambahkan oleh mantan pemimpin tentara dan intelijen Rusia Igor Girkin di Telegram, “Menurut saya tidak semua komandan dan pejuang Wagner pantas ditembak.

"Tetapi untuk menggantung 'Tukang Masak' untuk pemberontakan yang ia lakukan dan pembunuhan perwira kami hanya diperlukan untuk pelestarian Rusia sebagai sebuah negara," tulisnya, merujuk pada julukan Prigozhin sebagai "Koki Putin" atas kontrak katering pemerintah yang menguntungkan yang telah sebelumnya ia dapatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya