Kepolisian Filipina Selamatkan Seribu Korban Perdagangan Orang dari Berbagai Negara

Ilustrasi penggerebekan penyalur TKI Ilegal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Manila – Polisi Filipina mengatakan, pada Selasa, 27 Juni 2023, bahwa mereka telah menyelamatkan lebih dari 1.000 orang yang diduga diperdagangkan ke negara itu untuk bekerja di sebuah kasino online di Manila. 

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Warga negara yang berhasil diselamatkan yakni warga negara China, Vietnam, Singapura, dan Malaysia, yang ditemukan ketika polisi menggerebek gedung-gedung di dalam kompleks di ibu kota pada Senin malam, 26 Juni 2023. 

Polisi mengatakan para korban yang diduga ditipu melalui loeongan pekerjaan yang diposting melalui Facebook untuk bekerja di Filipina sebagai asisten game online. 

Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 24 WNI ke Malaysia Secara Ilegal

Polisi Ungkap Kasus Perdagangan Orang

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Kekhawatiran internasional telah berkembang baru-baru ini atas penipuan internet, di kawasan Asia-Pasifik, yang sering dikelola oleh korban perdagangan orang. Korban ditipu atau dipaksa untuk mempromosikan investasi kripto palsu. 

Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

Dilansir dari NDTV, Selasa, 27 Juni 2023, salah satu wartawan di tempat kejadian melihat dua bus polisi dan dua truk polisi diparkir di luar kompleks. Mereka tidak diizinkan memasuki gedung. 

"Ini awalnya adalah kasus perdagangan manusia," kata Michelle Sabino, juru bicara kelompok anti-kejahatan dunia maya Kepolisian Nasional Filipina, kepada wartawan setelah penggerebekan. 

"Semuanya akan diselidiki," katanya, termasuk apakah para pekerja itu terlibat dalam pemerasan online. 

Sebagai informasi, pada bulan Mei, pihak berwenang juga telah menyelamatkan lebih dari seribu orang dari beberapa negara Asia yang telah diperdagangkan ke Filipina. Mereka ditawan dan dipaksa bekerja untuk melakukan penipuan online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya