Ternyata Durian Nol Kolesterol, Tapi Ada Aturan Konsumsinya

Pedagang menjajakan durian di Lam Ateuk, Aceh Besar, Aceh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Siapa yang tidak kenal dengan buah durian. Aromanya yang khas, bentuknya yang tak biasa, serta rasa daging buahnya yang mengunggah selera, membuat durian selalu jadi primadona bagi para pecinta kuliner.

Posisi Sangat Terjepit, PPP Bakal Dapat 'Durian Runtuh' Jika Gabung ke Koalisi Prabowo

Tak cuma lezat, durian juga digadang-gadang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menghangatkan tubuh. Tapi ternyata, hal ini diduga memiliki kaitan erat dengan membangkitkan vitalitas pria, lho.

"Durian membangkitkan vitalitas pria itu hanya mitos. Tapi, karena di dalam durian ada sulfur yang berfungsi menghangat tubuh, sering disalahartikan untuk meningkatkan vitalitas, padahal hanya meningkatkan suhu tubuh jadi lebih hangat saja," ujar spesialis Gizi Klinis, dr Raisa Edwina Juanda M.Gizi, SpGK dalam acara Hidup Sehat di tvOne.

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Selain itu, Raisa juga membantah bahwa mengonsumsi durian bisa meningkatkan kolesterol. Sebab, kadar kolesterol di dalam durian ternyata tidak ada sama sekali alias nol.

Terlebih, durian juga memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang mampu meringankan gejala anemia. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, tentunya tak boleh sembarangan dalam mengonsumsinya.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

"Sehari disarankan 100 sampai 200 gram aja. Apalagi durian montong besar-besar, cukup 1 butir duriannya saja sehari," katanya.

Lebih lanjut, mengonsumsinya akan lebih baik jika langsung dari buahnya. Artinya, tidak dalam bentuk olahan seperti pancake atau bolu durian karena bisa memicu kegemukan akibat konsumsi gula berlebih.

"Sebaiknya juga jangan konsumsi durian dan alkohol bersamaan karena durian memiliki zat yang menghambat tubuh mencerna alkohol. Akibatnya bisa bahaya karena memicu serangan jantung hingga kematian," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya