Tips Aman Naik Kendaraan Umum di Tengah Wabah Virus Corona

Penumpang menaiki kereta MRT.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Beberapa hari lalu, Pemerintah DKI Jakarta telah menutup seluruh sekolah di Jakarta dan meminta masyarakat untuk tidak meninggalkan rumah, kecuali dalam keadaan mendesak. Hal ini dilakukan oleh pemerintah sebagai cara untuk menghindari penyebaran virus corona atau COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Beberapa perusahaan juga telah meminta karyawannya untuk bekerja dari rumah sebagai bentuk pencegahan. Namun, tidak sedikit dari kita masih perlu keluar untuk pergi bekerja, seperti halnya terlihat masih banyaknya pekerja kantoran yang memadati halte bus TransJakarta pagi ini.

Tentu berkendara di tengah situasi seperti saat ini membuat kita sedikit was-was. Namun, kalian tetap harus tenang dan waspada. Ada beberapa hal pencegahan yang bisa dilakukan ketika harus menggunakan transportasi publik.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Berikut ini di antaranya dilansir dari The Guardian, Senin, 16 Maret 2020.

Ubah waktu perjalanan

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Departemen kesehatan Kota New York telah menyarankan, bila mungkin untuk menyesuaikan jam perjalanan. Pengguna transportasi publik bisa menghindari waktu tersibuk dan paling ramai di bus dan kereta api.

Bersihkan tangan kamu sesegera mungkin

Lakukan hal ini setelah melakukan perjalanan, terutama setelah memegang pegangan tangan. Pegangan tangan yang ada di bus atau kereta merupakan permukaan yang paling sering menampung virus. 

Dengan langsung mencuci tangan setelah meninggalkan bus atau kereta adalah bentuk pencegahan. Cuci tangan secara menyeluruh selama 20 detik dengan sabun dan air.  Dan hindari menyentuh wajah dengan tangan, untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh.

Pertimbangkan bentuk transportasi lain

Opsi lain yang direkomendasikan yang memungkinkan adalah dengan berjalan kaki atau bersepeda ke lokasi tujuan alih-alih naik angkutan umum. Berjalan atau bersepeda jelas tidak terlalu riskan dibandingkan dengan naik kereta atau bus.

Jaga tangan tetap bersih

Jika Kamu harus menyentuh pegangan tangan, pegangan pintu dan sebagainya, coba lakukan hanya dengan satu tangan. Simpan telepon di tangan ‘bersih; lainnya dan cucilah keduanya secepat mungkin setelah sampai di tempat tujuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya