Aktor Life of Pi Meninggal Dunia, Apa Itu Tumor Neuroendokrin?

Irrfan Khan.
Sumber :
  • Instagram @irrfan

VIVA – Aktor senior Bollywood Irrfan Khan menghembuskan nafas terakhirnya. Pemain Life of Pi itu sebelumnya sempat dilarikan ke rumah sakit di Mumbai, diduga karena infeksi usus dan tumor neuroendokrin yang menyerangnya.

Langkah RS Polri Buat Sembuh Sinta Aulia, Bocah Penderita Tumor Kaki

Dikutip dari laman BBC news, aktor Slumdog Millionaire itu sempat masuk rumah sakit akibat infeksi usus yang dideritanya. Namun, pada tahun 2018, pria 53 tahun itu sempat didiagnosis tumor neuroendokrin, penyakit langka yang menginfeksi sel dan memicu memproduksi hormon di peredaran darah.

Karena penyakitnya itu, ia menjalani perawatan di rumah sakit di London dan harus vakum dari dunia Bollywood selama hampir setahun. Hal ini ia ungkap di akun twitternya pada dua tahun lalu.

Momen Kapolri Jenguk Sinta Aulia, Bocah Penderita Tumor Kaki

"Saya memahami kini telah didiagnosis Tumor NeuroEndokrin, yang sempat sulit saya terima, tapi dengan cinta dan dukungan yang kuat di sekelilingku dan di situ membuatku menemukan harapan," tulisnya.

Lantas, apa itu tumor neuroendokrin (NET)? Jenis penyakit berbahayakah?

Awas! Percepat Pertumbuhan Tumor, Suplemen Ini Picu Kanker

Dikutip dari laman India Today, NET merupakan tumor yang tumbuh di sel khusus di sistem neuroendokrin dalam tubuh. Itu adalah sebuah sistem yang mengaitkan saraf dan kelenjar. Sistem neuroendokrin berfungsi dengan memproduksi dan membentuk hormon di tubuh dan mengedarkannya di pembuluh darah.

Sebagian besar kasusnya, tak diiringi dengan gejala yang spesifik dan tumornya diidentifikasi secara tidak sengaja. Saat dokter telah menemukan tumor tersebut, gejalanya bergantung pada organ yang diserang.

Biasanya organ yang diserang seperti paru-paru, sistem pencernaan, dan pankreas. Tapi, tak menutup kemungkinan ada di organ lain. Sementara, 15 persen kasusnya, tak ditemukan sumber tumor itu berasal.

Namun, di beberapa kasus tertentu, terjadi perubahan kulit atau kadar gula darah yang tidàk stabil. Meski begitu, para tim medis sepakat bahwa gejala umum pada NET mencakup sakit perut, perubahan pola buang air, sesak napas, kehilangan nafsu makan, dan berat badan menurun tanpa sebab.

Diketahui Irrfan telah memulai syuting untuk film Angrezi Medium di 2019 dan rencananya rilis pada Maret tahun ini. Film ini juga dibintangi oleh selebriti ternama Kareena Kapoor. Namun, karena pandemi corona terjadi, film tersebut dirilis secara online di Disney+Hotstar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya