Pentingnya Kalsium untuk Lansia Saat Pandemi COVID-19

Ilustrasi lansia makan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Usia lanjut di atas 60 tahun cenderung dianggap sebagai kelompok yang rentan tertular COVID-19. Pencegahan dari dalam diri, tentu melalui imunitas baik dengan asupan gizi yang tepat.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Diketahui, kondisi saat tubuh semakin tua, maka kepadatan tulang bisa menurun. Tulang yang sudah tak sekuat dulu, bisa membuat keseimbangan lansia ikut berkurang.

Padahal, lansia perlu menjaga kekuatan tulangnya agar mencegah terjadinya cedera akibat terjatuh. Jika hal itu terjadi, tentu imunitasnya bisa menurun. Salah satu gizi yang cukup berperan dalam imunitas dan kekuatan tulang adalah kalsium.

Lansia Salah Satu yang Rentan Terhadap Gelombang Panas, Ini Tips Jaga Lansia Tetap Aman

"Susu dengan kalsium tinggi bagus untuk lansia. Mereka butuh sekitar 1000-1200 miligram per hari," ujar dokter spesialis gizi klinis, dr. Ida Gunawan SpGK, dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Kamis 18 Juni 2020.

Biasanya, kata dokter Ida, asupan dalam segelas susu sekitar 250 mililiter dan mengandung 500mg kalsium. Untuk itu, disarankan agar konsumsi susu 2 sampai 3 kali dalam sehari agar kebutuhan kalsium terpenuhi.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Selain susu, sumber kalsium juga bisa didapat dari makanan seperti ikan teri. Ya, ikan berukuran kecil ini memiliki kalsium yang tinggi dan baik dikonsumsi.

"Baiknya ikan teri basah misal dipepes. Kalau digoreng, ikan teri kering jadi terlalu asin," kata dia.

Adapun dalam sayuran hijau seperti bayam dan kangkung memiliki khasiat kalsium yang juga bisa dikonsumsi lansia. Selain kalsium, porsi gizi seimbang pun harus terpenuhi seperti karbohidrat, protein, serta lemak dan serat dari sayur dan buah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya