Simak Gejala Penyakit Listeria yang Diduga Akibat Konsumsi Jamur Enoki

Jamur enoki.
Sumber :
  • Freepik/Jannoon028

VIVA – Jamur enoki tengah viral karena dianggap berbahaya dan beracun hingga memicu wabah listeria. Sebanyak 36 pasien mengalami penyakit listeria yang diduga setelah mengonsumsi jamur itu.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Listeria merupakan penyakit bakteri bawaan makanan yang bisa sangat serius bagi wanita hamil, orang yang berusia lebih dari 65 tahun dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah.  Umumnya listeria ini  paling sering disebabkan ketika mengonsumsi  daging yang tidak diproses secara tidak benar dan produk susu yang tidak dipasteurisasi.

Dilansir dari laman Clinic Mayo, orang yang sehat jarang terpapar infeksi listeria, tetapi penyakit ini bisa berakibat fatal bagi bayi yang belum lahir, bayi yang baru lahir dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah. 

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Lalu bagaimana ciri atau tanda seseorang terpapar penyakit listeria?

Baca juga: Diduga Picu Wabah Listeria, Ini 5 Fakta Jamur Enoki

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Mereka yang terkena listeria akan menunjukkan gejala demam, nyeri otot, pusing dan diare. Umumnya gejala akan mulai terlihat beberapa hari setelah seseorang makan makanan yang telah terkontaminasi, tetapi bisa memakan waktu 30 hari atau lebih sebelum tanda-tanda dan gejala infeksi pertama dimulai.

Selain itu, listeria juga dapat menyebar ke sistem saraf dan dapat menunjukkan gejala seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan dan kejang.

Selain itu, gejala terinfeksi listeria juga bisa terjadi pada ibu hamil dan bayi baru lahir. 

Selama kehamilan, infeksi listeria kemungkinan hanya menyebabkan tanda dan gejala ringan pada ibu.  Namun, infeksi ini bisa menyebkan kondisi serius bagi bayi yang baru lahir, bayi bahkan bisa meninggal saat dalam kandungan atau bahkan bisa meninggal dalam beberapa hari setelah dilahirkan. Tanda dan gejala infeksi listeria pada bayi baru lahir bisa menunjukkan ringan, seperti demam, muntah hingga sulit bernafas.

Kamu harus segera ke dokter jika mengalami gejala demam, nyeri otot, mual atau diare.   Hal yang sama berlaku jika kamu telah mengonsumsi produk yang berpotensi terkontaminasi, seperti makanan yang terbuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi, hot dog atau daging deli.

Jika Anda mengalami demam tinggi, sakit kepala parah, leher kaku, kebingungan atau kepekaan terhadap cahaya, segera hubungi layanan gawar darurat. Tanda dan gejala tersebut dapat mengindikasikan meningitis bakteri, komplikasi infeksi listeria yang dapat mengancam jiwa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya