Kacang Hijau Bisa Bikin Wanita Subur, Ini Alasannya

Kacang Hijau
Sumber :
  • Pixabay/ Ivabalk

VIVA – Kacang hijau biasanya dikonsumsi dalam sajian bubur dan bisa disantap kapan saja. Selain rasanya yang lezat, kacang hijau juga sangat baik bagi kesehatan termasuk kesuburan wanita..

Chelsea Olivia Pernah Makan Kecoa Bareng Sang Suami

Kacang hijau memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam folat. Kandungan ini berkhasiat untuk para pasangan suami istri yang berencana melakukan program kehamilan. Tak hanya itu, asam folat juga sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan janin. Bahkan, asam folat bermanfaat dalam mencegah kecacatan pada janin di kandungan. 

"Kacang hijau bermanfaat untuk bumil dan janin karena kacang hijau tinggi asam folat. Untuk pembentukan janin terutama otak, jika kurang akan terjadi kecacatan janin," ujar Dokter Spesialis Gizi, dr. Putri Sakti M.Gizi., dalam acara Hidup Sehat di TvOne, Jumat 10 Juli 2020.

5 Gaya Pacaran Gen Z, Salah Satunya Terbuka dengan Seks

Putri menambahkan, kacang hijau juga memiliki kadar zat besi yang cukup untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Tentunya, hal ini dibarengi dengan pola gizi seimbang dari protein hewani sebagai penambah zat besi.

Baca Juga: 5 Hal Perlu Kamu Tahu Mengenai Penularan COVID-19 Melalui Udara

5 Cara Membuat Bubur Kacang Hijau yang Mudah, Cocok untuk Camilan

Untuk bisa mendapatkan manfaat kacang hijau tersebut, pengolahannya harus tepat. Dimulai dari proses memilih kacang hijau yang tidak mengkerut dan mengkilap. Lalu dicuci bersih dan direndam 2-3 jam. "Kita bisa mulai mengolahnya 10 menit. Lalu dibiarkan di air panas sekitar 30-60 menit. Boleh tambah gula tapi jangan berlebihan atau bisa pakai santan untuk rasa gurih tapi yang encer agar sehat," jelasnya.

Memetik kacang hijau di Takalar Sulawesi Selatan

1.000 Ton Kacang Hijau Senilai Rp 16,8 Miliar Diekspor Ke China

1.000 Ton Kacang Hijau Senilai Rp 16,8 Miliar Diekspor Ke China, Mentan Dorong Hilirisasi

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2023