Moms Ingin Cepat Punya Anak? 5 Tips Ini Bisa Tingkatkan Kesuburan

Ilustrasi wanita tes kesuburan.
Sumber :
  • http://infosista.com

VIVA – Entah pengaruh gaya hidup yang tidak banyak bergerak atau stres yang meningkat, masalah ketidaksuburan meningkat di antara wanita dan pria.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Reproductive Biology Endocrinology, infertilitas memengaruhi sekitar 15 persen wanita. Di mana ini merupakan angka yang mengkhawatirkan. Tapi, jika kamu mengubah gaya hidup dan menjaga kesehatan, potensi untuk hamil akan meningkat. 

Nah, jika kamu berencana untuk menjadi seorang ibu, berikut 5 tips mudah yang akan meningkatkan peluang untuk hamil, dilansir Times of India, Selasa 16 Februari 2021. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Menjaga berat badan
Bicara kesuburan, berat badan punya pengaruh yang sangat besar. Jika kelebihan atau kekurangan berat badan, hormon kamu bisa kehilangan keseimbangan, sehingga sulit untuk hamil. 

Selain itu, berat badan juga dapat memengaruhi siklus menstruasi yang menyebabkan kurangnya ovulasi atau tidak ada ovulasi sama sekali. 

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Periksa kadar zat besi
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang juga memengaruhi peluangmu untuk hamil. Untuk menghindarinya, pastikan memeriksa kadar zat besi kamu sebelum mulai merencanakan untuk memiliki momongan. Kadar zat besi yang cukup dalam aliran darah dapat menurunkan risiko infertilitas ovulasi.

Katakan tidak pada rokok dan alkohol
Merokok tidak hanya memengaruhi paru-paru tapi juga kesuburan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Society for Reproductive Medicine, ditemukan bahwa bahan kimia yang ditemukan dalam asap rokok dapat meningkatkan laju hilangnya sel telur wanita.

Penelitian lain juga menemukan, wanita yang minum terlalu banyak alkohol menghadapi lebih banyak masalah kesuburan.

Kurangi stres
Stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang dapat memengaruhi hormon reproduksi dan kesuburan. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan peluang untuk hamil, tetaplah tenang. 

Minum suplemen prenatal
Suplemen ini mengandung asam folat dan vitamin lain yang mencegah cacat lahir dan komplikasi lainnya. Tetapi, konsultasikan dengan ginekolog terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk minum suplemen ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya