#TanyaDokter: Keluar Cairan dari Kuping Saat Flu Normalkah?

dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum di RS Pondok Indah
Sumber :
  • Dokumentasi RS Pondok Indah

VIVA – Sering merasakan telinga berdengung atau mendengar sesuatu menjadi tidak jelas? Ini bisa saja terjadi ketika kamu mengalami pilek dan flu. 

Harga Huawei Freeclip Segini, Gimana Menurutmu?

Lewat kolom #TanyaDokter, ada pembaca VIVA yang menanyakan masalah pada gangguan telinga. Pertanyaan ini pun ditanggapi oleh dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut pembahasannya.  

Baca Juga: Dieng Membeku, Prospek Bisnis Saat COVID-19 dan #TanyaDokter

7 Peristiwa Mengerikan Ini Nyaris Bikin Dunia Kiamat, dari Nuklir hingga Erupsi Tambora

Tanya: Dok, setiap flu dan pilek yang rada lama, pasti kuping ikut keluar cairan. Normal gak ya dok?

Jawab: Jadi rongga hidung itu memang berhubungan dengan liang telinga melalui satu kanal. Bila terjadi masalah di hidung, di dalam tuba atau kanal ini juga akan mengalami masalah yang bisa menyebabkan gangguan atau keluhan pada telinga. Misalnya, telinga terasa dengung, suara jadi tidak jelas terdengar.

Jumlah Penderita COVID-19 di Depok Naik 200 Persen

Telinga sendiri dibagi menjadi tiga bagian, telinga bagian dalam, tengah dan bagian luar. Bagian liang telinga kita ini yang disebut telinga luar. Bila ada cairan di telinga luar diperiksakan sebaiknya ke dokter untuk mengetahui darimana cairan itu berasal. Apakah dari telinga luar saja, atau ada masalah dari telinga tengah yang akhirnya sampai pada telinga luar. 

Korban inisial KA, saat meminta pertolongan warga usai dilukai sekelompok OTK

Pemuda di Tangerang Dibegal, Motor Dirampas-Telinga Nyaris Putus Dibacok Pelaku

KA, seorang pemuda di Tangerang, harus mendapatkan perawatan medis usai mengalami luka serius di bagian telinga, motornya raib dibegal

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024