#TanyaDokter: Keluar Cairan dari Kuping Saat Flu Normalkah?

dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum di RS Pondok Indah
Sumber :
  • Dokumentasi RS Pondok Indah

VIVA – Sering merasakan telinga berdengung atau mendengar sesuatu menjadi tidak jelas? Ini bisa saja terjadi ketika kamu mengalami pilek dan flu. 

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Lewat kolom #TanyaDokter, ada pembaca VIVA yang menanyakan masalah pada gangguan telinga. Pertanyaan ini pun ditanggapi oleh dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut pembahasannya.  

Baca Juga: Dieng Membeku, Prospek Bisnis Saat COVID-19 dan #TanyaDokter

Latar Belakang Sejarah Flu Singapura dan Cara Pencegahannya

Tanya: Dok, setiap flu dan pilek yang rada lama, pasti kuping ikut keluar cairan. Normal gak ya dok?

Jawab: Jadi rongga hidung itu memang berhubungan dengan liang telinga melalui satu kanal. Bila terjadi masalah di hidung, di dalam tuba atau kanal ini juga akan mengalami masalah yang bisa menyebabkan gangguan atau keluhan pada telinga. Misalnya, telinga terasa dengung, suara jadi tidak jelas terdengar.

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

Telinga sendiri dibagi menjadi tiga bagian, telinga bagian dalam, tengah dan bagian luar. Bagian liang telinga kita ini yang disebut telinga luar. Bila ada cairan di telinga luar diperiksakan sebaiknya ke dokter untuk mengetahui darimana cairan itu berasal. Apakah dari telinga luar saja, atau ada masalah dari telinga tengah yang akhirnya sampai pada telinga luar. 

Ilustrasi kucing (foto/pixabay))

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

Cat, beloved companions to million people worldwide, are  susceptible to a range of health issues that owners should be aware of.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024