Hari Olahraga Nasional, Ini 5 Tips Olahraga Aman di Tengah Pandemi

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/katemangostar

VIVA – Setiap tanggal 9 September, diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional atau HAORNAS. Meski tahun ini kita dihadapkan dengan pandemi virus corona atau COVID-19, rutin olahraga tentu sangat penting, untuk menjaga imunitas tubuh supaya tidak mudah tertular virus.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Namun, berolahraga di tengah pandemi tentu harus tetap mengikuti protokol kesehatan, agar tetap aman. Berikut beberapa tips olahraga aman di tengah pandemi COVID-19, dilansir dari Help Guide, Rabu, 9 September 2020.

Baca Juga: Tipe Olahraga Ini Tingkatkan Risiko Tertular Virus Corona

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

1. Keluar jika memungkinkan

Periksa pedoman terbaru dari pemerintah tentang hal-hal spesifik untuk wilayahmu. Cobalah untuk berjalan, jogging atau bersepeda di luar rumah jika memungkinkan. Jangan lupa, tetap pertahankan jarak aman dari orang lain.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Berkebun di halaman juga bisa menjadi pilihan yang baik. Udara segar dan sinar matahari, juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental kamu.

2. Gunakan aplikasi kebugaran

Menggunakan pelacak kebugaran, aplikasi, atau bahkan hanya membuat jurnal, dapat membantu kamu tetap bertanggung jawab dan termotivasi. Melihat kemajuan dan kemampuanmu untuk tetap aktif selama masa sulit ini, akan memberi kamu rasa pencapaian dan dorongan emosional untuk tetap maju.

3. Masukkan olahraga ke dalam rutinitas

Meskipun harus lebih banyak tinggal di rumah, kamu masih bisa memasukkan olahraga ke dalam rutinitas harianmu. Jadikan aktivitas fisik sebagai pilihan gaya hidup, bukan kegiatan khusus. Ini dapat membantu menopangmu pada saat-saat seperti ini, ketika jadwal kamu mengalami banyak perubahan.

4. Manfaatkan teknologi

Banyak trainer dan pusat kebugaran yang menawarkan sesi dan kelas virtual, yang dapat membantu kamu tetap bertanggung jawab dan terhubung secara sosial. Jika ingin olahraga gratis, mengikuti sesi olahraga di YouTube bisa menjadi pilihan.

Kamu bisa menemukan hampir semua jenis olahraga dengan durasi dan intensitas apapun yang kamu cari. Ada juga banyak aplikasi, baik berbayar maupun gratis, yang menawarkan sesi latihan dan rutinitas terpandu.

5. Ubah menjadi game

Permainan video game seperti Dance-dance Revolution, bisa membantu meningkatkan detak jantung saat berada di rumah. Ada juga banyak pilihan untuk exergamers dengan mensimulasikan menari, skateboard, sepakbola, bowling atau tenis. Ini bisa menjadi alternatif yang bagus untuk tetap berolahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya