Punya Efek Sama, 5 Herbal Pengganti Antibiotik

Kunyit
Sumber :
  • Pixabay/Steve Buissinne

VIVA – Antibiotik berfungsi untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri. Namun, penting untuk mengonsumsinya secara bijak. Sebab, penggunaan antibiotik yang sembarangan, akan menimbulkan resistensi antibiotik atau kekebalan bakteri terhadap obat dan berujung dapat mengancam keselamatan jiwa.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebagai alternatif, antibiotik berupa obat bisa diganti dengan sejumlah tanaman herbal. Berikut ini lima tanaman yang memiliki efek sama dengan antibiotik dikutip dari tayangan Hidup Sehat tvOne.

Baca juga: Jangan Asal Minum, Gak Semua Penyakit Butuh Antibiotik

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Lidah buaya

Tanaman berwarna hijau ini tumbuh di iklim panas dan kering. Daun lidah buaya dikenal dapat mengobati ruam, luka, peradangan, artitis dan sembelit.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Madu manuka

Madu manuka mengandung hidrogen peroksida dan metil delakson yang memiliki efek antibakteri. Madu manuka juga dapat membantu pemulihan tubuh saat mengalami luka dan peradangan. Selain itu, madu juga merupakan salah satu obat batuk alami yang cukup efektif.

Kunyit

Tanaman ini digunakan sebagai pengobatan pada masyarakat India dan Tiongkok selama ribuan tahun untuk mengobati infeksi. Kualitas antibakteri dan antiinflamasi pada kunyit sangat efektif dalam mengobati infeksi bakteri.

Bawang Putih

Sering dipakai sebagai bahan masakan, bawang putih memiliki khasiat sebagai antibiotik, anti virus dan anti jamur yang sangat kuat.

Baca juga: Lebih Buruk dari COVID-19, Obat Ini Sebabkan 350 Juta Kematian

Daun zaitun

Daun zaitun memiliki keistimewaan besar yaitu sebagai antiinflamasi, anti jamur dan anti bakteri. Selain itu, daun zaitun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, masalah pencernaan dan artitis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya