Cara Atasi Kulit Sensitif dan Berjerawat

jerawat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak produk perawatan kulit tersebar di pasaran. Tetapi mana yang cocok untuk kulit kita? Ini perlu dipertimbangkan, apalagi kalau kulit kita termasuk kulit yang sensitif.

Terpopuler: Saran Dokter Soal Skincare sampai Wulan Guritno Masih Alami Bereakout

Perlu hati-hati dalam memilih dan menggunakan produk perawatan kulit. Produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit kita, justru membuat kulit bermasalah.

Pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali kulit kita. Ada beberapa jenis kulit, kulit sensitif, mudah berjerawat, kering, berminyak, maupun normal.

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

Baca juga: Berjemur Jadi Solusi Alternatif Masalah Kulit Kronis?

“Sebelum melangkah memilih produk skincare, kita memang harus mengetahui dulu, kulit kita jenis apa. Rasakan dulu, basic-nya kulit kita gimana. Produksinya minyaknya seberapa banyak, gimana reaksinya dengan perubahan cuaca, berpengaruh banget enggak? Apakah gampang kemerahan? Ini harus dirasakan,” kata dr. Listya Paramita, Spp.KK dalam keterangan media yang diterima VIVA baru-baru ini.

Studi Terbaru Mengungkap 5 Skincare Terbaik Buatan Lokal di Indonesia

Jika kulit  sering kali mengalami keluhan, seperti ruam, kemerahan, gatal, kering, beruntusan, mudah berjerawat, hingga rasa terbakar atau perih pada kulit, kemungkinan besar Anda memiliki kulit yang sensitif. Penyebab-nya bisa beragam, bisa  karena udara, bahan kimia dari produk kecantikan apapun yang kita gunakan, sampai makanan yang kita konsumsi.

Jenis kulit sensitif memerlukan perhatian khusus dan wajib  memerhatikan kandungan bahan dari produk perawatan yang digunakan. 

“Pertama-tama lihat dulu sensitifnya cenderung ke arah mana, apakah berjerawat, apakah mudah iritas, mudah merah? Sebaiknya, gunakan produk yang sifatnya menenangkan, membuat kalem, rileks, salaah satunya, pilih yang mengandung Centella Asiatica.  Ini relatif aman, bisa menenangkan kulit,” kata dr Listya Paramita. 

Selain itu, perlu jadi pertimbangan dalam memilih produk dengan formula Hypoallergenic. Salah satu skincare dengan formula Hypoallergenic serta mengandung Centella Asiatica  adalah SNP Prep Cicaronic. Rangkaian skincare ini berfungsi menenangkan serta merawat kulit wajah yang sensitif.

Ayla Dimitri, selebgram dan content creator  di bidang fashion dengan ratusan ribu pengikut, salah satu yang sudah mencobanya. Kulit wajah Ayla termasuk yang suka berjerawat. Ia mengaku hal itu cukup mengganggu untuk seorang selebgram.

Centella Asiatica. Ini salah satu kandungan yang membantu banget buat kondisi kulit aku yang memiliki jerawat. Cocok untuk semua jenis kulit, terutama yang sensitif dan acne prone,” ungkap Ayla Dimitri.

Terdiri dari 4 rangkaian perawatan yakni, Toning Essence, SOS Ampoule, Soothing Cream, dan Daily Mask. Toning essence, toner yang diformulasikan untuk kulit sensitif dapat menenangkan, merestorasi kulit, mengembalikan kelembapan kulit lelah dan sensitif, serta memberikan energi pada kulit, dengan formula hypoallergenic untuk kulit sensitif. 

"Jadi, kulit terlihat lebih segar dan bersih,” kata Ayla Dimitri.

Kemudian ada SOS Ampoule, yang jadi favorit YouTuber asal Korea Han Yoo Ra, berfungsi menenangkan kulit yang lelah dalam 7 hari. Membantu regenerasi kulit, dan mencerahkan kulit tanpa rasa lengket. Terdiri dari 7 Ampoule dalam satu kemasannya. 

Ia mengoleskan SOS Ampoule pada kulit wajahnya yang terkadang berjerawat dan menguncinya dengan masker atau daily mask dari Cicaronic.

“Salah satu fungsi masker adalah untuk mengunci serum,” ujar Han Yoo Ra. 

Rangkaian ketiga, Soothing Cream adalah krim yang selain menenangkan dan merestorasi kulit, juga melembabkan, menghaluskan tekstur kulit, serta memberikan nutrisi. Lalu terakhir ada Daily Mask. Masker wajah yang dapat digunakan setiap hari untuk kulit sensitif, rasanya nyaman di kulit, menenangkan dan merestorasi kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya