7 Tips Pakai Sunscreen yang Tepat, Dijamin Bisa Hempas Komedo

Ilustrasi memakai sunscreen
Sumber :
  • Cumberland Skin

VIVA Lifestyle – Banyak orang beranggapan bahwa kulit sehat adalah kulit yang putih dan glowing. Padahal, dua hal tersebut saja tak cukup. Kulit dapat dikatakan sehat jika terbebas dari masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Ini Dia Solusi Hilangkan Jerawat yang Bisa Dilakukan, Mudah dan Praktis

Salah satu cara untuk merawat kulit agar tetap sehat yakni dengan rutin menggunakan sunscreen, dan tak lupa re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali, terutama saat berada di luar ruangan. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Namun, tak jarang sunscreen juga dapat menimbulkan komedo dan jerawat, khususnya jika tidak dibersihkan dengan benar. Oleh karena itu, ada beberapa tips menggunakan sunscreen yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya komedo. Berikut di antaranya, dikutip dari siaran pers Facetology Triple Care Sunscreen.

Dokter Spesialis Ungkap Keajaiban Cellbooster, Teknologi Canggih untuk Tampil Awet Muda

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/freepik

1. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit
Tips pertama, pilih sunscreen yang bersifat non-comedogenic atau tidak menyebabkan komedo. Karena, produk-produk dengan label "non-comedogenic" cenderung memiliki tekstur yang lebih ringan dan tidak menyumbat pori-pori.

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

2. Cuci wajah dengan lembut sebelum menggunakan sunscreen
Yang tak boleh dilewatkan saat ingin menggunakan sunscreen adalah bersihkan wajah terlebih dahulu. Gunakan pembersih yang cocok dengan jenis kulitmu untuk mengangkat kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

3. Gunakan sunscreen dengan kandungan ringan
Pilihlah sunscreen dengan tekstur yang ringan seperti gel atau lotion yang tidak terlalu berat di kulit. Sebaliknya, hindari penggunaan sunscreen yang terlalu kental atau berminyak, karena ini dapat menyumbat pori-pori.

4. Gunakan jumlah yang cukup
Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen dengan jumlah yang cukup agar kulit dapat terlindungi secara efektif. Kamu bisa gunakan sekitar satu sendok teh untuk dioleskan ke wajah dan leher.

5. Hindari penggunaan terlalu tebal di area berminyak
Kalau kamu memiliki kulit yang cenderung berminyak atau rentan terhadap komedo, hindari mengaplikasikan sunscreen terlalu tebal di area tersebut. Fokuskan aplikasi pada bagian yang lebih kering atau rentan terhadap paparan sinar matahari.

6. Pilih produk yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan komedo
Sebelum memilih sunscreen, perhatikan kandungannya dan hindari produk yang mengandung bahan-bahan seperti minyak mineral atau minyak kelapa, yang dapat menyebabkan penumpukan minyak di pori-pori. 

7. Bersihkan muka dengan metode double cleansing
Setelah beraktivitas, kulit wajah tentu harus segera dibersihkan untuk menghilangkan minyak serta kotoran yang menempel agar tidak menyumbat pori-pori. Karena ketika pori-pori tersumbat, wajah akan rentan terkena berbagai permasalahan kulit, mulai dari jerawat, iritasi, dehidrasi, hingga kusam yang dapat mengganggu penampilan.

Bicara sunscreen, Facetology Triple Care Sunscreen juga diklaim cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit berjerawat. Sunscreen yang viral di media sosial tersebut pun sudah teruji mengandung indgredients non-comedogenic, hingga direkomendasikan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (SpKK). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya