3 Ikan Kaya Manfaat, Sembuhkan Luka hingga Tingkatkan Fungsi Otak

Ikan kembung.
Sumber :
  • IPB

VIVA – Ikan diketahui memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Selain protein, ikan baik ikan laut maupun air tawar, memikiki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk banyak organ.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Ada beragam jenis ikan, namun ada tiga jenis ikan yang terkenal akan manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Ketiga ikan itu adalah ikan gabus, kembung dan teri.

Menurut dokter spesialis gizi klinis, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK, ikan gabus memiliki kandungan albumin yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Tak heran, ikan gabus sangat dikenal masyarakat dalam keampuhannya menyembuhkan luka.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Baca juga: Jangan Minder Makan Ikan Kembung, Gizinya Lebih Tinggi dari Salmon

"Albumin adalah protein penting bagi tubuh. Biasanya orang yang mengalami luka bakar, lukanya sekujur tubuh. Albuminnya bisa turun karena bisa keluar melalui luka. Itu bisa bahaya karena bisa mengganggu kesembuhan, menganggu pengangkutan zat makanan ke seluruh tubuh," jelas dokter Feni dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Kamis, 19 November 2020.

3 Ramuan Herbal untuk Sembuhkan DBD, Bisa Dibuat di Rumah

Sementara ikan kembung diketahui memiliki kandungan omega-3 yang tak kalah tinggi dengan ikan salmon. Ikan yang sering ditemui di pasar tradisional ini memiliki kandungan protein yang baik yang bisa menjadi sumber omega-3.

Kandungan omega-3 ini sangat baik untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Selain itu, ikan kembung juga mengandung EPA dan DHA yang dikenal sebagai nutrisi otak yang bisa memperbaiki kinerja otak, kesehatan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga: Resep Ikan Kembung Sehat Tanpa Minyak, Modal Cuma Rp20 Ribu

Sedangkan ikan teri sudah dikenal memiliki kandungan kalsium tinggi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Karenanya, ikan ini juga baik dikonsumsi anak-anak.

"Ikan teri merupakan sumber protein penting yang baik untuk memelihara jaringan tubuh, sumber energi yang baik. Kalsiumnya tinggi, dalam 100 gram mengandung 150 miligram kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak baik sekali," kata dokter Feni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya